F1 GP Italia: Kalahkan Duo Red Bull, Hamilton Cetak Rekor Pole

Oleh Muhammad Wirawan Kusuma pada 02 Sep 2017, 23:00 WIB
Lewis Hamilton, Sebastian Vettel, F1

Bola.com, Monza - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, mencetak rekor pole position terbanyak dalam sejarah F1 setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi F1 GP Italia di Sirkuit Monza, Sabtu (2/9/2017). Dia mengungguli duo Red Bull Racing, Max Verstappen dan Daniel Ricciardo.

Hamilton meraih pole setelah menorehkan waktu lap terbaik, yaitu 1 menit 35,554 detik. Ini merupakan pole ke-69 yang diraih pebalap asal Inggris itu sepanjang kariernya. Dia melampaui catatan legenda Ferrari, Michael Schumacher, yang menorenhkan 68 pole position.

Sementara itu, Verstappen menempati posisi kedua setelah mencetak waktu lap 1 menit 36,792 detik. Di posisi ketiga ada Ricciardo yang mencatat waktu 1 menit 36,841 detik.

Namun, Verstappen dan Ricciardo bakal start dari 15 dan 18 karena mendapatkan penalti setelah mengganti mesin mobil mereka.

Sesi kualifikasi pertama (Q1) F1 GP Italia berjalan di lintasan basah. Baru beberapa menit kualifikasi berlangsung, insiden sudah terjadi. Korbannya adalah pebalap Haas F1, Romain Grosjean.

Pebalap Haas itu melintir keluar lintasan. Lewat radio, pebalap asal Prancis ini mengaku tak bisa melihat dengan jelas karena kondisi cuaca.

Kualifikasi pun dihentikan sementara. "Kami hanya menunggu agar air sedikit berkurang di lintasan," kata Charlie Whiting, race director F1. 

Setelah sekitar dua jam dihentikan, kualifikasi F1 GP Italia kembali dilanjutkan. Pada Q1, Bottas keluar sebagai yang tercepat dengan torehan waktu 1 menit 35,716 detik. Sementara Grosjean, Pascal Wehrlein, Marcus Ericsson, Joylon Palmer, dan Kevin Magnussen gagal menembus babak berikutnya.

Pada kualifikasi kedua (Q2), pebalap McLaren Mercedes, Stoffel Vandoorne mengalami insiden. Dia kehilangan kendali atas mobilnya hingga melintir ke luar lintasan.


Meski demikian, Vandoorne tetap lolos ke sesi selanjutnya setelah menempati posisi kesembilan. Pada Q2 ini, pebalap yang tereleminasi adalah Carlos Sainz, Daniil Kvyat, Fernando Alonso, Nico Hulkenberg, dan Sergio Perez.

Hujan kembali menguyur Sirkuit Monza pada kualifikasi ketiga (Q3). Meski demikian, kualifikasi tetap dilanjutkan.

Hamilton keluar sebagai yang tercepat pada sesi ini. Dia merebut pole position dengan torehan waktu tercepat 1 menit 35,554 detik, unggul 1,238 detik atas Verstappen.