Pole Position GP Jepang Akhiri Rasa Penasaran Hamilton

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 08 Okt 2017, 08:17 WIB
Lewis Hamilton, F1 GP Jepang

Bola.com, Suzuka - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, kehilangan kata-kata untuk menggambar kegembiraannya setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi F1 GP Jepang yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Sabtu (7/10/2017). Raihan pole position itu menjadi yang pertama pada GP Jepang dalam 10 tahun karier Hamilton.

Hamilton didaulat menjadi yang terdepan untuk balapan F1 GP Jepang setelah mencatatkan waktu 1 menit 27,319 detik dalam sesi kualifikasi. Pebalap berusia 32 tahun itu unggul 0,472 detik dari Sebastian Vettel. Adapun posisi ketiga dihuni pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo yang lebih lambat 0,987 detik dari Hamilton.

Raihan pole position ini menjadi yang kedua diraih Hamilton di GP Jepang. Terakhir, Hamilton menjadi yang tercepat dalam sesi kualifikasi pada edisi 2007 yang kala itu digelar di Sirkuit Fuji Speedway.

"Sungguh luar biasa. Sudah sepuluh tahun saya mencoba untuk meraih pole ini dan akhirnya saya mendapatkannya. Jika Anda tidak mendapatkannya pada percobaan pertama, usahakan lebih giat dan saya tahu akhirnya akan datang. Jadi, saya sangat bersyukur bisa meraih pole," kata Hamilton seperti dikutip situs resmi F1, Sabtu (7/10/2017).

Hamilton mengaku sesi kualifikasi tersebut menjadi yang terbaik dilakukannya pada F1 GP Jepang. Hamilton mendapatkan keseimbangan yang tepat untuk meraih catatan waktu terbaik.

"Saya tidak pernah mendapatkan keseimbangan yang tepat pada percobaan sebelumnya, jadi saya tidak pernah melakukan kualifikasi yang hebat. Jadi, akhirnya saya bisa mendapatkan keseimbangan yang tepat dengan dukungan dari para mekanik. Saya akhirnya bisa mendapatkan jalur dan mencatatkan waktu yang tepat," ucap pebalap asal Inggris itu.

Raihan pole position tersebut membuat Lewis Hamilton berpeluang menambah gelar pada F1 GP Jepang. Seperti diketahui, Hamilton sejauh ini sudah tiga kali menaklukkan lintasan 5,8 km tersebut dengan predikat juara pada 2007, 2014, dan 2015.