Sukses


FP1 GP Meksiko: Bottas Tercepat, Sean Ungguli Rekan Timnya

Bola.com, Mexico City - Pebalap muda Indonesia, Sean Gelael, menempati posisi ke-17 dengan catatan waktu 1 menit 21,639 detik pada sesi latihan bebas pertama F1 GP Meksiko di Autodromo Hermanos Rodriguez, Jumat (27/10/2017). Dia mengungguli rekan timnya di Toro Rosso, Brendon Hartley, yang menempati posisi ke-18.

Sesi ini dikuasai pebalap Mercedes, Valtteri Bottas, yang menjadi pebalap tercepat dengan torehan waktu 1 menit 17,824 detik. Pebalap asal Finlandia ini lebih cepat 0,466 detik atas rekan timnya, Lewis Hamilton.

Antonio Giovinazzi menjadi pebalap pertama yang mencatatkan waktu lap pada FP1 ini. Pebalap yang menggeber mobil Haas ini menorehkan waktu 1 menit 23,841 detik.

Menariknya, setelah 20 menit FP1 berjalan, baru Giovinazzi yang menorehkan waktu. Sementara pebalap lain tampak masih berada di pit. Sebagian sudah ada yang masuk ke lintasan, namun kembali masuk pit tanpa mencetak waktu.

Selepas 20 menit, satu per satu pebalap mulai masuk ke lintasan dan mencetak waktu lap mereka. Sean Gelael menorehkan waktu lap 1 menit 25,701 detik pada kesempatan pertamanya. Dia jauh lebih baik ketimbang Hartley yang menorehkan waktu 1 menit 33,800 detik.

Setelah FP 1 berjalan 30 menit, Verstappen menjadi pebalap tercepat dengan torehan waktu 1 menit 19,551 detik. Sementara Sean mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 21,997 detik.

Virtual safety car sempat ditampilkan setelah Hartley mengalami insiden. Pebalap yang menggantikan peran Daniil Kvyat ini tampak tak bisa melanjutkan sesi latihan. Namun, tim Toro Rosso memintanya untuk tetap meneruskan perjuangannya di lintasan.

Saat FP1 tersisa 50 menit, Vettel melesat sebagai pebalap tercepat. Dia menorehkan waktu 1 menit 18,824 detik. Pebalap asal Jerman ini mengungguli Bottas yang berada di posisi kedua dengan 1 menit 19,081 detik. Sementara Sean Gelael berada di posisi ke-14 dengan catatan waktu 1 menit 21,639 detik.

2 dari 2 halaman

Hasil Lengkap Balapan

Pada paruh kedua FP1, sejumlah pebalap menggunakan ban yang berbeda. Seperti Bottas yang kali ini menggunakan ban ultrasoft. Hasilnya, dia menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 1 menit 17,824 detik.

Tak lama berselang, bendera merah dikibarkan. Ini akibat dari kecelakaan yang dialami pebalap Force India, Antonio Celis. Akibat insiden ini, mobil Celis mengalami kerusakan parah.

Selain Celis, Kimi Raikkonen juga mengalami insiden pada tikungan keenam. Mobil Ferrari miliknya melintir dan menabrak dinding pembatas. Bagian belakang mobilnya juga mengalami kerusakan parah.

Hingga FP1 berakhir, Bottas tetap mempertahankan status pebalap tercepat dengan mengungguli Hamilton. Sedangkan Sean Gelael menempati posisi ke-17 di atas Hartley.

Hasil lengkap sesi latihan bebas pertama F1 GP Meksiko, Jumat (27/10/2017). (Twitter/F1)

Video Populer

Foto Populer