Sukses


Verstappen Kuasai F1 GP Meksiko, Hamilton Jadi Juara Dunia

Bola.com, Mexico City - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, meraih gelar juara dunia F1 2017 setelah finis kesembilan pada balapan GP Meksiko, Minggu (29/10/2017) waktu setempat atau Senin (30/10/2017) dini hari WIB. Balapan ini dimenangi pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen.

Hamilton sejatinya tetap akan jadi juara meskipun gagal finis pada balapan ini. Ini dikarenakan pesaing terdekatnya, Sebastian Vettel, hanya finis di posisi keempat pada balapan yang berlangsung di Autodromo Hermanos Rodríguez.

Dengan hasil ini, Hamilton mengoleksi 333 poin, unggul 56 poin atas Vettel. Meski balapan F1 2017 masih menyisakan dua seri lagi, poin pebalap asal Inggris itu sudah tak mungkin lagi dikejar rivalnya.

Ini merupakan gelar juara dunia keempat milik Hamilton sepanjang kariernya pada ajang F1. Sebelumnya, mantan pebalap McLaren itu menjadi kampiun pada musim 2008, 2014, dan 2015. Dia mensejajarkan diri dengan Sebastian Vettel dan Alain Prost yang juga mengoleksi empat gelar.

Pada balapan di Mexico City, Hamilton dan Vettel sudah terlibat insiden pada lap pertama. Keduanya bersenggolan dan membuat mobil Vettel mengalami kerusakan pada bagian sayap depan. Jet darat Hamilton pun juga mengalami masalah. Keduanya kemudian masuk pit lebih awal.

Hal ini dimanfaatkan Verstappen yang sudah memimpin balapan sejak lap pertama. Pebalap asal Belanda ini melenggang mulus hingga garis finis tanpa gangguan.

Sementara Vettel yang wajib menang atau finis kedua untuk mempertahankan asa menjadi juara dunia, tak mampu melakukan keajaiban. Pebalap Ferrari itu menyelesaikan balapan di posisi keempat. Dia terpaut 1 menit 10,078 detik dari Verstappen yang menjadi juara.

Sedangkan Hamilton yang sudah overlap, finis kedelapan. Hasil yang sudah cukup untuk mengantarkannya menjadi juara dunia F1 2017.

Hasil Lengkap Balapan F1 GP Meksiko, Minggu (29/10/2017) atau Senin (30/10/2017) dini hari WIB. (Twitter/F1)

Video Populer

Foto Populer