Tabrakan pada Kualifikasi, Hamilton Awali GP Brasil dari Pit Lane

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 12 Nov 2017, 06:09 WIB
Lewis Hamilton

Bola.com, Sao Paulo - Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, bakal memulai balapan F1 GP Brasil dari pit lane setelah mengalami kecelakaan pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Autodromo Jose Carlos Pace, Sabtu (11/11/2017).

Hamilton gagal mengikuti sesi kualifikasi setelah mengalami kecelakaan pada Q1. Pebalap yang baru meraih gelar juara dunia F1 2017 itu menabrak dinding pembatas lintasan yang membuatnya tak bisa melanjutkan sesi kualifikasi.

Mercedes menilai Hamilton lebih baik memulai balapan dari pit lane agar tidak melanggar aturan parc ferme. Sebab, kecelakaan tersebut membuat Mercedes harus memasang power unit baru pada mobil Hamilton.

"Lewis Hamilton akan memulai balapan dari pit lane karena kami tidak ingin melanggar kondisi parc ferme. Sebab, kami akan melengkapi bagian-bagian dengan spesifikasi berbeda dari yang digunakan pada kualifikasi. Salah satunya adalah menggunakan power unit baru," kata juru bicara Mercedes seperti dikutip Crash, Minggu (12/11/2017).

Parc ferme adalah daerah tertutup dan aman di paddock tempat penyimpanan mobil-mobil F1 sebelum balapan. Mobil-mobil disimpan dan terikat aturan parc ferme sejak tiga jam setelah sesi kualifikasi pada hari Sabtu sampai lima jam sebelum dimulainya balapan pada hari Minggu.

"Tidak ada sanksi penalti untuk melakukan situasi ini. Kami akan mengonfirmasi pada pagi hari sebelum balapan bagian apa yang sebenarnya diubah," ucap sumber tersebut.

Hamilton menyayangkan situasi di mana harus mengawali balapan dari pit lane. Meski demikian, pebalap asal Inggris itu tetap akan bersikap profesional dan memberikan 100 persen kemampuan dalam balapan nanti.

"Saya akan memulai balapan dari pit lane dan itu sangat tidak mengasyikkan. Akan tetapi, sebagai pebalap Anda hanya bisa terus melangkah dari situasi tersebut dan saya akan memberikan semuanya yang saya miliki," ucap Hamilton.

Pada balapan nanti, Lewis Hamilton kabarnya akan menggunakan mesin pembakaran internal yang baru, turbocharger, dan MGU-H yang terpasan pada power unit mesinnya.