Hamilton Waspadai Ancaman McLaren di Formula 1 2018

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 17 Des 2017, 14:02 WIB
Lewis Hamilton

Bola.com, Jakarta - Juara dunia Formula 1 (F1) 2017, Lewis Hamilton mulai memprediksi peta persaingan pada musim 2018. Pembalap Mercedes itu menilai akan ada tim lain yang masuk dalam daftar kandidat juara dunia.

Sejak dominasi Sebastian Vettel bersama Red Bull Racing (RBR) terhenti usai Formula 1 2013, persaingan dalam jagat F1 dikuasai Mercedes. Secara bergantian pembalap mereka tampil sebagai juara dunia.

Hamilton adalah pembalap yang meraih tiga gelar juara dunia dalam empat musim terakhir. Sukses itu didapat pada musim 2014, 2015, dan 2017. Musim lalu, ia hanya mendapat persaingan dari Vettel yang membalap untuk Ferrari.

Sepanjang musim lalu, memang hanya Vettel dan rekan setimnya, Valtteri Bottas, yang mampu memberikan tekanan. Namun, Hamilton meyakini akan ada tim lain yang bisa menjadi pesaingnya. Tim yang dimaksud adalah McLaren.

"Tahun depan McLaren akan memiliki mesin baru. Kita pun bisa melihat ada empat tim yang memperebutkan kejuaraan. Saya pikir Red Bull juga akan lebih cepat dan Ferrari akan kembali cepat. Kami tak bisa berdiam diri, kami harus bergerak ke depan," kata Hamilton, dilansir Crash.

 

1 of 3

Revolusi McLaren

Pmebalap asal Spanyol, Fernando Alonso, akan tetap membalap untuk McLaren pada F1 2018. (McLaren)

Pada musim 2018, McLaren memang membuat beberapa perubahan. Mobil mereka akan disokong mesin Renault. Mereka memutuskan untuk menyudahi kerja sama dengan Honda yang telah menjadi pemasuk mesin mereka dalam tiga musim terakhir.

Lalu, mereka juga baru memastikan bahwa Fernando Alonso akan tetap mengemudikan mobil mereka. Mereka pun siap menargetkan gelar juara yang terakhir kali mereka raih pada musim 2008.

"Pada akhirnya, itu adalah soal bisnis, yang mereka (Honda) pahami. Sekarang kami harus melihat bahwa kami kembali ke tingkat persaingan, siap kembali ke puncak," ujar Direktur Balap McLaren, Eric Boullier.

 

2 of 3

Rapor McLaren 7 Musim Terakhir

2017: Urutan kesembilan (Stoffel Vandoorne, Fernando Alonso, Jenson Button)

2016: Urutan keenam (Fernando Alonson, Jenson Button, Stoffel Vandoorne)

2015: Urutan kesembilan (Fernando Alonso, Kevin Magnussen, Jenson Button)

2014: Urutan kelima (Kevin Magnussen, Jenson Button)

2013: Urutan kelima (Jenson Button, Sergio Perez)

2012: Urutan ketiga (Jenson Button, Lewis Hamilton)

2011: Runner-up (Jenson Button, Lewis Hamilton)

2010: Runner-up (Jenson Button, Lewis Hamilton)

Lanjutkan Membaca ↓