Sukses


BOPI Salahkan PSSI Terkait Visa Pemain Pahang FA

Bola.com, Jakarta - Aksi saling lempar tanggung jawab atas tidak keluarnya visa bagi pemain Pahang FA kembali bergulir. Kini giliran Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang lepas tangan akibat macetnya pencairan visa tiga pemain Pahang. BOPI justru menyalahkan PSSI yang tidak berkoordinasi dengan pihak terkait, khususnya imigrasi.

Pahang FA seharusnya menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Mandala dalam laga babak 16 besar Piala AFC, Selasa (26/5). Akan tetapi mereka kembali ke Malaysia satu malam setelah tiba di Indonesia. Hal itu terjadi lantaran pihak imigrasi menolak visa tiga pemain asing Pahang.

Tiga pemain yang dimaksud yakni Dickson Nwakaeme (Nigeria), Zesh Rehman (Pakistan), dan Domion Delano Stewart (Jamaika) tak bisa masuk Indonesia dengan menggunakan Visa on Arrival (VOA). Dikabarkan ketiga negara tersebut memang tidak berhak mengajukan VOA melainkan visa normal yang harus diurus di Malaysia.

Ketua umum BOPI, Noor Aman saat ditemui dalam sebuah konferensi pers, Senin (25/05), mengatakan pihak Pahang FA harus mendapat calling visa agar bisa masuk ke Indonesia. Noor Aman juga menjelaskan bahwa visa tersebut harus dibuat di Malaysia.

“Mereka belum mengurus visa di kedutaan Indonesia di Malaysia,” kata Aman. “Pihak Pahang tidak mengurus visa di Malaysia karena mereka mendapat jaminan kemudahan mendapatkan VOA oleh PSSI di Indonesia.”

Aman sempat menyinggung PSSI untuk dapat menindak lanjuti insiden tersebut. Menurutnya, PSSI harus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait. “Kita tidak saling menyalahkan, tapi yang pasti ini terjadi karena ada kesalahan,” tegasnya.

“Pihak yang harus menyadari kesalahan itulah yang mestinya melakukan sesuatu. Dalam hal ini PSSI dalam tanda kutip. Kenapa penjaminan itu bisa terjadi. Setelah ini PSSI harus berkoodinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk berbicara pada pihak imigrasi,” paparnya.

“Tidak seharusnya pengurus PSSI tidak mengetahui untuk pemain yang berasal dari tiga negara itu tidak berhak mendapatkan VOA,” imbuhnya. “Selain itu adapun pihak Pahang yang belum memiliki visa, kiranya PSSI atau Persipura maupun perwakilan menjemput pahang di Bandara,” tandasnya.

Baca Juga:

Soal Visa Pahang FA, Persipura : Kami Justru Disalahkan

Demi Istri - Anak, Gunawan Dwi Cahyo Pilih Main Tarkam

Soal Visa Pahang FA, Persipura Diambang Sanksi AFC?

Video Populer

Foto Populer