Sukses


Dana Sponsor Belum Cair, Uang Hadiah Piala Kemerdekaan Tertahan

Bola.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), Heru Nugroho, mengatakan tersendatnya masalah pembayaran hadiah di turnamen Piala Kemerdekaan karena Event Organizer (EO) meleset dalam perhitungannya. 

Menurut Heru hal tersebut terjadi karena Cataluna Sportindo selaku EO Piala Kemerdekaan belum mendapatkan uang dari beberapa sponsor. Heru menjelaskan dana dari sponsor belum turun sekitar Rp 5 miliar. Tim finalis diminta bersabar karena belum dapat menerima haknya. Namun, ia berujar dalam waktu dekat ini dana tersebut akan cair dan bisa dibayarkan.

Setelah Piala Kemerdekaan berakhir, klub pemenang belum mendapatkan hadiah yang dijanjikan oleh Tim Transisi. PSMS Medan yang keluar sebagai juara berhak atas hadiah Rp 1,5 miliar dan Persinga Ngawi yang menjadi runner-up berhak menerima Rp 1 miliar.

"Hal ini hanya persoalan teknis pencairan, targetnya bulan ini harus sudah selesai. Tapi, apakah pasti atau tidak, bukan Cataluna yang menentukan karena semua itu tergantung dari sponsornya," kata Heru di Jakarta (22/9/2015).

"Terjadi hal semacam ini karena mepetnya waktu dan persiapan yang kurang membuat dana sponsor belum cair dan juga karena perhitungan dana yang meleset," ia menambahkan.

Meski begitu, Heru menjelaskan turnamen Piala Kemerdekaan sudah berjalan dengan cukup baik walau beberapa kali ada aksi kekerasan yang dilakukan pemain terhadap wasit. Sebab, selama pertandingan tersebut bergulir tidak ada pengaturan skor hingga akhir turnamen itu dilaksanakan.

"BOPI memang punya tugas untuk mengevaluasi dan mengawasi penyelenggara turnamen. Kami berterima kasih terhadap Cataluna karena turnamen sudah selesai," ucapnya. "Nilai 6,5 saya berikan untuk penyelenggaraan turnamen ini," imbuhnya.

Lebih lanjut Heru menambahkan untuk match fee turnamen Piala Kemerdekaan sudah dibayarkan semua ke klub peserta. Hanya tinggal uang hadiah yang belum dilunasi. BOPI tak menjelaskan apakah pengeluaran lain seperti honor wasit dan sebagainya, sudah dibayar atau belum.

Baca Juga :

BOPI Panggil Tim Transisi Terkait Kasus-kasus Piala Kemerdekaan

Aremania Ajak BOPI Berdialog Bahas Dualisme

BOPI Turunkan Tim Pemantau di Perempat Final Piala Presiden

 

Video Populer

Foto Populer