Sukses


Statistik: I Gede Sukadana vs Yoo Hyun-koo. Siapa Paling Oke?

Bola.com, Jakarta- Arema Cronus akan bertemu dengan Sriwijaya FC di semifinal Piala Presiden 2015, Sabtu (4/10/2015) malam WIB di Stadion Kanjuruhan.

Arema lolos ke semifinal setelah mengalahkan Bali United melalui dua kemenangan di Malang dan Gianyar. Sementara, Sriwijaya FC lolos karena Bonek FC memilih mengundurkan diri dari laga kedua perempatfinal di stadion Gelora Sriwijaya Minggu (27/9/2015). 

Pertemuan keduanya jelas akan berlangsung sengit mengingat Sriwijaya FC ingin membuktikan bahwa mereka lolos bukan karena menang WO semata. Mereka bisa lolos karena punya kemampuan. Kemenangan atas Arema akan membungkam seluruh kritikan dan nyinyiran dari publik sepak bola, termasuk membalikkan prediksi Djajang Nurjaman yang menyebut final ideal adalah antara Persib melawan Arema.

Tapi, mengalahkan Arema jelas bukan pekerjaan mudah. Singo Edan jadi kekuatan yang menakutkan dan kemenangan atas Bali United membuktikan bahwa mereka adalah salah satu kandidat juara. Apalagi dalam pertemuan di babak penyisihan, Sriwijaya FC menyerah 1-3.

Salah satu sektor yang jadi arena pertarungan adalah lini tengah. Ada Yoo Hyun-koo di pusat permainan Sriwijaya FC dan I Gede Sukadana yang memimpin Arema pasca-kepergian Ahmad Bustomi yang naik haji, dan absennya Juan Revi dan Ferry Saragih akibat akumulasi kartu.

Performa I Gede Sukadana

Gelandang Arema asal Bali itu hanya melakukan sekali intersepsi dan tidak melakukan tekel sukses maupun sapuan sama sekali. Hal ini juga karena Sukadana hanya bermain selama 69 menit. Dia lebih sering sebagai pelapis saat penyisihan, baru sekarang ini dia mulai memperoleh peran sentral setelah Ahmad Bustomi dipastikan absen. Selama berada di lapangan dia 30 kali memberikan operan sukses dengan tingkat akurasi 88%.

Dia akan berduel secara langsung dengan Hyun-koo jika Joko Susilo memainkan dia sejak menit awal dengan Juan Revi sebagai pendamping Sukadana yang lebih fokus saat bertahan. Di kakinya, alur permainan klub kebanggaan Aremania ini akan ditentukan. Cristian Gonzales dan Lancine Kone akan menunggu umpan briliannya untuk menggempur pertahanan Sriwijaya yang dikomandoi oleh Fachrudin.

Arema jelas diunggulkan sebagai tuan rumah, tapi Sriwijaya akan memberi ancaman. Sang tamu memiliki trio BMW, yakni Titus Bonai, T.A. Musafri, dan Patrich Wanggai yang siap merepotkan Purwaka Yudi dalam mengatur pertahanan.

Performa Yoo Hyun-koo

Catatan bertahan Hyun-koo jelas lebih baik dibanding lawan yang akan dia hadapi, I Gede Sukadana. Dari lima pertandingan yang telah dimainkan, Yoo Hyun-koo tampil tiga kali. Selama 268 menit berada di lapangan, gelandang asal Korea Selatan itu melepaskan 157 operan sukses dengan tingkat akurasi umpan 84%.

Sebagai gelandang bertahan, peran pemain berusia 32 tahun ini tampak makin sentral ketika menahan serangan lawan. Dia melakukan 14 tekel sukses dengan persentase tekel sukses 67%, 10 kali memotong bola, serta 3 kali sapuan. Dia juga tercatat melakukan 7 kali pelanggaran.

Baca Juga:

Statistik: 4 Kiper Tim Semifinalis Piala Presiden. Siapa Terbaik?

Statistik: Data Ini Membuktikan Arema Cronus Unggul Pengalaman

Statistik: Menguasai Permainan, Persib Layak Lolos ke Semifinal

Video Populer

Foto Populer