Sukses


Bobotoh Peduli Kumpulkan Rp 226 Juta untuk Korban Bencana Asap

Bola.com, Jakarta - Tidak hanya larut dalam euforia kemenangan menjuarai di Piala Presiden 2015, bobotoh Persib juga peka terhadap penderitaan sesama. Hal itu seperti terlihat dalam keberhasilan penggalangan dana bagi korban bencana asap.

Beberapa pekan lalu Wali Kota Persib, Ridwan Kamil, mengajak warga Bandung termasuk bobotoh Persib untuk mengingat dan peduli pada mereka yang terdampak bencana asap di Sumatra dan Kalimantan. Kang Emil, sapaan sang wali kota, meminta warga menyisihkan penghasilan mereka untuk korban bencana asap sembari menikmati kesuksesan Persib jadi juara Piala Presiden.

"Alhamdulillah Persib bisa Juara Piala Presiden 2015. Mari kita bersyukur & merayakan kemenangan dengan berempati membantu saudara-saudara kita yang terkena bencana asap di Sumatera dan Kalimantan," tulis Kang Emil di Instagram resminya, dua pekan lalu.

Penggalangan dana dilakukan dengan cara online atau dikenal dengan crowdfunding melalui situs kitabisa.com. Hasilnya sungguh membanggakan karena dalam rentang dua minggu, sebanyak 1.591 donatur tercatat memberikan donasi dengan jumlah total Rp 226.042.041 juta. Jumlah itu melebihi target karena sebelumnya diperkirakan donasi yang terkumpul kurang dari Rp 200 juta.

"Sejak penggalangan donasi #BobotohPeduli dibuka pada 21 Oktober 2015, antusiasme publik terutama warga Bandung, sangat luar biasa. Hanya dalam satu hari, donasi sebesar Ro 60 juta sudah terkumpul, dari target awal hanya 50 juta rupiah. Melihat antusiasme itu, target bantuan dinaikkan jadi Rp 200 juta," begitu pernyataan resmi dari kitabisa.com dalam rilis yang diterima bola.com.

Keberhasilan penggalangan bantuan itu salah satunya datang dari kabar yang menyebar secara viral di dunia maya, seperti di jejaring Facebook dan Twitter.

Dana yang sudah terkumpul selanjutnya akan disalurkan lewat Dinas Sosial dan Karang Taruna Kota Bandung kepada mereka yang jadi korban bencana asap di Sumatra dan Kalimantan.   

Selain melakukan penggalangan dana, bobotoh Persib juga melakukan salat Istisqa bersama memohon hujan segera turun di wilayah bencana asap. Aksi #BobotohPeduli ini menjadi salah satu bukti kepedulian dan solidaritas dalam masyarakat Indonesia masih besar. 

 

Video Populer

Foto Populer