Sukses


Ferdinand Sinaga Masuk Radar Persiba Balikpapan

Bola.com, Jakarta Persiba Balikpapan takluk, 1-2 dari PSS Sleman dalam uji coba di Stadion Maguwoharjo, Minggu (14/2/2016). Sempat unggul lebih dulu lewat sepakan Gidion Wai, tim Beruang Putih justru kecolongan di babak kedua lewat  free kick Kristian Adelmund dan Rasmoyo. Pelatih Eduard Tjong menilai lini belakang dan depan skuatnya masih lemah. Sosok Ferdinand Sinaga, masuk radar pantauan Tim Beruang Madu.

Tim pelatih Persiba masih mencari tambahan pemain, terutama di posisi striker usai ditinggal Erick Week Lewis yang merapat ke Perak FA. Praktis, tim ini hanya memiliki dua penyerang yang benar-benar teruji yakni Boakay Eddie Foday dan pemain terbaik Piala Kemerdekaan, Jefri Kurniawan.

Nama eks penyerang Sriwijaya, Ferdinand Sinaga sempat digadang-gadang sebagai pengganti Erick. Sang pemain saat ini berstatus bebas transfer. Sempat diisukan merapat ke PSM Makassar dan klub Singapura serta Timor Leste, penyerang Timnas Indonesia di Piala AFF 2014 secara resmi belum punya klub baru.

''Sambil berjalan saya akan mencermati perkembangan para pemain seleksi. Jika tidak memnuhi syarat ya secepatnya ganti yang baru,'' tutur Eduard Tjong.

Sang mentor juga curhat kondisi internal tim asuhannya. ''Selama ini saat persiapan uji  coba belum dapat lawan sepadan. Sekarang baru terlihat setelah kalah dari PSS. Kami dapat pelajaran berharga. Persiba memiliki banyak kelemahan yang harus segera diperbaiki,'' kata pelatih yang akrab  disapa Edu tersebut.

Di awal laga uji coba melawan PSSM, mantan juru taktik Persis Solo itu dua pemain seleksi di lini belakang yakni, Faisal Sambar Bori dan eks  bek sentral PSM Makasar, Yusuf Hamzah serta penyerang Egi Pranata. Kedua defender menemani bek asal Liberia, Dikir Kohn.

Edu menilai kelemahan utama lini belakang adalah kurang konsentrasinya para personel. Hal  tersebut terlihat saat gol kedua lewat kaki Rasmoyo di mana pemain  berposisi bek sayap itu leluasa melepaskan sepakan yang bersarang ke  gawang Gery Mandagi meski bola terlebih dulu membentur Dirkir Kohn.

Eduard Tjong menyoroti performa Yusuf Hamzah yang belum maksimal beroperasi di  jantung pertahanan. Namun, melihat kondisi terkini diputuskan ketiga pemain tersebut masih diberi waktu menunjukkan penampilan terbaik sampai dua kali uji coba tersisa melawan Pra-PON DIY dan Madura United. Persiba Balikpapan berharap tampil dengan komposisi skuat terbaik di ajang Piala Gubernur Kaltim. Sebagai tuan rumah mereka tidak ingin jadi bulan-bulanan.

''Untuk Faisal mungkin posisinya lebih aman, tadi dipasang penuh tidak masalah. Hanya dua ini saja yang rawan, nanti cari pemain lain sambil jalan.  Beberapa nama sudah masuk radar saya,'' tuturnya.

 

Video Populer

Foto Populer