Sukses


Demi Persija, Jakmania Yogyakarta Rela Berdiri di Atas Gerbang

Bola.com, Yogyakarta - Agenda uji coba Persija Jakarta melawan Pra-PON DIY, Rabu (9/3/2016) dipadati penonton. Ribuan The Jakmania, suporter Tim Macan Kemayoran memadati Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Yogyakarta, arena laga.

Dari pantauan di lokasi, banyaknya fans Persija yang datang membuat sebagian besar tak kebagian tempat duduk. Beberapa di antaranya lantas duduk di atas gerbang pintu masuk stadion yang terbuat dari beton baik di sisi selatan maupun utara.

''Mumpung Persija main di Yogyakarta nggak bakal terlewat. Biasanya kalau lagi balik Jakarta pas ada pertandingan pasti nonton,'' ungkap Ardian mahasiswa salah satu PTS di Yogya asal Serpong, Tangerang.

 

Antusiasme masyarakat memang sudah terlihat sejak Ismed Sofyan dkk. memulai program training center (TC) di Kota Gudeg mulai awal pekan ini. Penonton biasa maupun The Jakmania yang berdomisili di seantero Yogyakarta dan sekitarnya selalu memadati stadion yang pernah jadi lokasi TC Timnas Indonesia U-19 era Indra Sjafri tersebut.

Bahkan para fans tim ibu kota telah berdatangan satu jam sebelum laga dimulai. Mereka menanti para penggawa Macan Kemayoran yang berjalan kaki menuju pintu masuk sisi utara lapangan sepak bola UNY.

Fans langsung menyerbu pemain untuk melakukan selfie maupun minta tanda-tangan. Bek sayap senior, Ismed Sofyan jadi pemain yang paling diburu suporter. Bahkan tak sedikit suporter yang rela mengejar pemain idola hingga lokasi penginapan yang berjarak sekitar 200 meter dari stadion.

Sepanjang laga, tak henti-hentinya mereka memberikan semangat dengan bernyanyi di tribun. Tak sia-sia, dukungan mereka membawa kemenangan 3-1 Persija atas Pra-PON DIY. Meski laga berlangsung di Yogya, beberapa spanduk Jakmania yang terpasang berasal dari wilayah Jawa Tengah, seperti: Klaten, Boyolali, Purwokerto, Tegal, serta Banyumas.

''Setiap Persija bertanding saya pasti nonton. Saya berharap dengan persiapan matang ini Persija bisa juara di Piala Bhayangkara,'' tutur Jakmania yang berasal dari kalangan pelajar, Rendy Prasetya.

Pelatih Persija, Paulo Camargo yang namanya dieluk-elukan hampir setiap laga memberikan apresiasi terhadap Jakmania .Baginya, suporter adalah pemain ke 12 yang menambah daya juang awak skuatnya. ''Saya tahu fanatisme Jakmania dan selalu ada di mana-mana. Dukungan suporter sangat kami perlukan,'' tutur nakhoda asal Brasil tersebut.

Video Populer

Foto Populer