Sukses


Wabah Penyakit Menular Mengganggu Persiapan Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Yogyakarta - Virus penyakit menular cacar air jadi momok  pemain Timnas Indonesia U-19 dalam masa persiapan menghadapi Piala AFF U-19 di Vietnam, 11-29 September 2016. Setelah sebelumnya gelandang Satria Wardhana terserang cacar, kini giliran tiga pemain menyusul terkena penyakit menular tersebut.

Mereka gelandang Nevy Dwaramury, serta dua bek sayap Habibi dan Arizky Wahyu Satria. Serangan penyakit akibat virus Varricella Zooster tentu mengganggu proses latihan. Pelatih, Eduard Tjong, menjelaskan, awalnya Nevy yang terkena penyakit itu akibat tertular dari Satria.

Dari situlah, lalu menyebar ke Arizki dan Habibi. Tak ingin mengambil risiko, juru taktik yang akrab disapa Edu itu langsung memisahkan ketiganya dari pemain lain. Mereka ditempatkan di  kamar khusus dan tidak diperbolehkan mengikuti sesi latihan tim hingga  benar-benar dinyatakan sembuh.

''Mereka saya pisahkan dan tidur  sendiri-sendiri. Ketiganya biar fokus penyembuhan dulu karena bahaya bisa menurunkan daya tahan tubuh,'' ungkap Edu, Senin (29/8/2016). Pelatih asal Solo itu berharap-harap cemas dengan kondisi ketiga pemain itu.

Sebab penyembuhan penyakit cacar air membutuhkan waktu agak lama atau sekitar sepekan. Padahal, Timnas Garuda Muda dijadwalkan terbang ke Vietnam awal bulan depan. Terlebih baik Habibi dan Arizki selama ini menjadi pemain utama di posisi bek kanan-kiri. Untuk itu, mantan pelatih Persela Lamongan itu berharap ketiga awak skuatnya pulih sebelum berangkat.

"Nantinya setelah sembuh kondisi fisik mereka tak turun drastis. Waktu kita sudah mepet soalnya," tuturnya.

Dengan menepinya tiga pemain itu, kini tinggal 20 penggawa Timnas Indonesia U-19 yang dalam kondisi fit. Mereka terus ditempa pematangan taktik, teknik dan fisik di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

 

 

Video Populer

Foto Populer