Sukses


Laos Bungkam Brunei, Kamboja Raih Tiket ke Piala AFF 2016

Bola.com, Phnom Penh - Timnas Laos berhasil meraih kemenangan dramatis 4-3 atas Brunei Darussalam dalam pertandingan terakhir kualifikasi Piala AFF 2016 yang digelar di RSN Stadium, Phnom Penh, Jumat (21/10/2016) malam. Namun, kemenangan Laos menjadi sia-sia karena di pertandingan lain, Kamboja menang 3-2 atas Timor Timur di Olympic National Stadium sekaligus menjadi tim terakhir yang memastikan diri berlaga di Piala AFF 2016.

Brunei Darussalam sempat membuat kejutan dengan lebih dulu mencetak gol lewat striker andalan, Adi Said, pada menit ke-36. Namun, Laos berhasil menutup babak pertama dengan kedudukan 1-1 setelah Soukaphone Vongchiengkham menyamakan kedudukan pada menit ke-45.

Laos unggul 3-1 saat babak kedua baru berjalan 12 menit. Gelandang Laos, Phatthana Syvlay sukses mencetak dua gol Laos berikutnya, pada menit ke-51 dan 57. Namun, Brunei sempat menipiskan skor setelah Faiq Bolkiah berhasil mengeksekusi penalti yang diberikan wasit pada menit ke-67.

Syvilay berhasil mencetak hattrick pada menit ke-76 sebelum akhirnya Razimie Ramli membawa Brunei Darussalam kembali memperkecil ketertinggalan pada masa injury time. Pertandingan berakhir dengan skor 4-3 untuk kemenangan Laos.

Kemenangan ini membuat Laos pun mengumpulkan enam poin dari hasil akhir kiprah mereka di kualifikasi Piala AFF 2016. Hanya, raihan poin itu tidak berarti apa pun setelah Kamboja, di pertandingan lain pada waktu yang sama, meraih kemenangan 3-2 atas Timor Leste.

Kamboja unggul dua gol dalam kurun waktu kurang dari 20 menit. Gol pertama Kamboja dicetak Tith Dina saat pertandingan baru berjalan dua menit. Keunggulan itu digandakan Chan Vathanaka yang memanfaatkan umpan Chhin Chhoeun pada menit ke-17.

Namun, Timor Leste bangkit. Penalti yang sukses dieksekusi Anggisu pada menit ke-20 membuat Timor Leste bangkit. Setelah itu negara bekas provinsi di Indonesia ini menyamakan kedudukan jadi 2-2 pada menit ke-36 melalui gol yang dicetak Nelson Viegas.

Kedudukan 2-2 yang bertahan hingga babak pertama berakhir itu berubah pada menit ke-78 saat Vathanaka mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini dan memastikan kemenangan 3-2 diraih Kamboja.

Kamboja pun meraih hasil sempurna dalam kualifikasi Piala AFF 2016. Hasil tersebut membuat mereka sukses melaju ke putaran final Piala AFF 2016.

Di putaran final Piala AFF 2016, Kamboja tergabung dengan Grup B bersama tim tuan rumah Myanmar, Malaysia, dan Vietnam yang sudah lebih dulu mengamankan jatah bermain di putaran final tanpa melalui kualifikasi.

 

Video Populer

Foto Populer