Sukses


Misteri Evan Dimas Cadangan saat Timnas Indonesia Jajal Thailand

Bola.com, Bocaue - Evan Dimas yang menjadi langganan posisi inti empat duel uji coba jelang Piala AFF mendadak dicadangkan oleh Alfred Riedl pada laga perdana Grup A melawan Thailand di Philippine Sports Stadium, Bocaue, pada Sabtu (16/11/2016). Posisi sang pemain diisi oleh Stefano Lilipaly.

Sempat beredar bocoran dari lingkar dalam ofisial Timnas Indonesia, dicadangkannya Evan bukan bagian dari strategi Alfred Riedl. Keputusan diambil secara mendadak karena sang pemain menderita sakit gigi.

Alfred Riedl sendiri pasca laga mengungkapkan kalau Evan Dimas dijadikan pemain cadangan karena kondisinya tidak bugar. "Ia baru sakit gejala tifus sepekan lalu. Kondisinya tidak fit 100 persen. Menghadapi tim kuat seperti Thailand saya butuh pemain yang benar-benar siap," ucap pelatih asal Austria tersebut.

Pemain klub Bhayangkara FC tersebut pada akhirnya turun ke lapangan di menit-menit akhir pertandingan, saat posisi Indonesia tertinggal 2-3. Evan, bermain sebagai penyerang sayap menggantikan Rizky Rizaldi Pora. Sementara itu, pertandingan sendiri berkesudahan 4-2 buat Thailand. Thailand membungkam Tim Merah-Putih lewat hattick gol Teerasil Dangda (37', 79', 90') plus sebiji gol Peerapat Notchaiya (4').

Gol Indonesia dicetak Boaz Solossa pada menit 54' serta Lerby Eliandri 56.' 

Perubahan di sektor tengah Tim Merah-Putih tak terlalu mengganggu keseimbangan permainan, mengingat Stefano Lilipaly posisi bermainnya sama dengan Evan.

Ia didatangkan oleh Alfred dari Belanda untuk kebutuhan menambah daya kreatif serang timnas. Kedua pemain sempat tampil bareng pada uji coba terakhir Tim Garuda melawan Vietnam di Hanoi.

Kala itu timnas kalah 2-3. Kolaborasi keduanya pun terlihat tidak berjalan mulus karena style bermain yang hampir sama.Opsi memainkan salah satu pemain sudah diduga sejak awal.

"Dengan formasi 4-4-2 akan terasa mubazir memainkan dua pemain dengan karakter ofensif yang sangat kuat. Harus ada gelandang lain dengan kemampuan bertahan bagus yang jadi penyeimbang," ucap Iwan Setiawan, mantan pelatih Timnas Indonesia U-17.

Saat menjajal Thailand, Alfred Riedl memilih Bayu Pradana sebagai pendamping Stefano. Evan sendiri walau dalam kondisi tidak fit tetap masuk daftar cadangan.

Stefano Lilipaly sendiri sejatinya bermain di banyak posisi. Di klubnya SC Telstar belakangan ia kerap diposisikan sebagai fullback. "Saya bisa bermain di delapan posisi. Praktis saya hanya tidak pernah bermain sebagai bek tengah dan kiper," ungkap sang pemain. 

 

Video Populer

Foto Populer