Sukses


Ezra Walian, Kecintaan Terhadap Indonesia dan Sepak Bola

Bola.com, Jakarta - Nama Ezra Walian menjadi begitu hangat dibicarakan dalam beberapa terakhir, terutama setelah dirinya diundang PSSI untuk bermain seipak bola pada sela-sela liburannya di Indonesia pada Kamis (29/12/2016). Ezra Walian pun sangat mencintai Indonesia dan juga sepak bola yang menjadi passion terbesarnya.

Ezra Walian adalah pemain sepak bola muda asal Belanda yang memiliki keturunan Indonesia. Ayahnya bernama Glen Walian merupakan pria asal Manado. Sementara sang ibu, Linda Bos, merupakan warga Belanda. Memiliki darah Manado membuat Ezra Walian digadang-gadang menjadi pemain naturalisasi berikutnya yang akan diproses oleh Indonesia.

Keinginan untuk membela Timnas Indonesia pun tidak ditepis oleh Ezra Walian. Ia mengaku berharap suatu saat nanti bisa menggunakan seragam Tim Garuda dan membela Indonesia di kancah internasional. Semua itu tidak lepas karena rasa cinta terhadap Indonesia yang begitu besar, selain rasa cinta terhadap negara sang ibu, Belanda, yang juga sama besarnya.

Ezra Walian kerap datang ke Indonesia untuk berlibur ke tanah kelahiran sang ayah. Bunaken dan Bali adalah dua tempat favorit ketika berlibur di Indonesia. Tak hanya itu, bermain futsal dan mencari makanan-makanan khas Indonesia juga menjadi hobi yang dilakukannya saat berada di Indonesia.

Rasa cinta terhadap Indonesia yang tak kalah dari negara kelahirannya, Belanda, dan sepak bola yang menjadi profesinya begitu besar. Pemain sepak bola berusia 19 tahun yang memperkuat tim cadangan Ajax Amsterdam yang bernama Jong Ajax ini juga menjadi sosok yang sangat ramah.

Bola.com pun merasakan keramahan Ezra Walian yang luar biasa ketika berkesempatan untuk melakukan wawancara eksklusif di The Groves Suites, Kawasan Epicentrum, Jakarta, Jumat (30/12/2016). Berikut petikan wawancaranya.

Apa yang membuat Anda menyukai Indonesia?

Seperti yang saya katakan sebelumnya, orang-orang di sini sangat bersahabat. Saya selalu merasa hal tersebut membuat saya seperti berada di rumah sendiri. Itu sebabnya saya sangat menyukai Indonesia.

Anda dikabarkan cukup sering datang ke Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Biasanya apa yang Anda lakukan ketika berada di Indonesia?

Ketika saya tiba di Jakarta biasanya saya bersantai bersama teman-teman. Saya juga senang jalan-jalan untuk makan. Terkadang kami bermain futsal, dan di lain waktu kami pergi ke pantai untuk bersantai.

Apa yang sering diceritakan ayah Anda mengenai Indonesia?

Seperti yang sering ditanyakan mengenai Indonesia, Indonesia adalah negara yang sangat menyenangkan, Anda bisa melakukan banyak hal, makanannya sangat enak, dan ketika saya pertama kali ke sini itu menjadi pengalaman yang sangat menarik, orang-orangnya sangat bersahabat, dan saya sangat menyukainya.

Anda suka bertemu dengan kakek dan nenek dari ayah Anda?

Kakek saya sudah meninggal, tapi saya masih bertemu dengan nenek saya setiap Kamis.

Apa kenangan atau cerita menarik mengenai Indonesia dari sosok kakek dan nenek Anda?

Saya senang karena bisa merasakan masakan Indonesia buatannya, dan hari-hari seperti itu menjadi hari yang luar biasa bersama nenek saya. Kenangan bersama kakek selalu menjadi cerita yang bagus, di mana ia juga sering bercerita tentang Indonesia. Ia juga selalu bercerita mengenai orang-orang yang baik di sini.

 

2 dari 2 halaman

Cinta Sepak Bola dan Keinginan Berseragam Timnas Indonesia

Bagaimana awalnya Anda mengetahui mengenai Timnas Indonesia atau sepak bola di Indonesia?

Ketika saya masih berusia 13 tahun, saya melihat Irfan bermain di Piala AFF 2010, laga final menghadapi Malaysia. Ketika saya melihatnya, dan Bachdim juga di sana, saya katakan saya juga ingin seperti itu. Itulah pertama kali saya melihat Timnas Indonesia.

Mengapa Anda tertarik bermain bersama Timnas Indonesia?

Saya sangat menyukai Indonesia dan juga orang-orangnya yang sangat baik kepada saya. Hanya karena itu saja.

Apakah Anda ingin mengikuti jejak Stefano Lilipaly untuk bermain dengan Timnas Indonesia?

Ya, mungkin suatu saat nanti bisa saya wujudkan. 

Anda bermain dengan Jong Ajax, tapi apakah ada pikiran untuk bermain dengan klub Indonesia suatu saat nanti?

Mungkin saja suatu saat nanti, mungkin sekitar 12 tahun lagi.

Anda mengetahui klub apa saja yang ada di Indonesia?

Ya di Jakarta ada klub besar, Persija. Selain itu di Bali juga ada Bali United. Kemudian di Makassar juga ada PSM.

Seberapa besar Anda mencintai sepak bola?

Setiap hari saya berhubungan dengan sepak bola, ini passion saya dan ini adalah pekerjaan saya, ini segalanya bagi saya. Saya juga suka tinju, tapi saya akan tetap memilih sepak bola.

Anda sudah pernah bermain dengan tim junior Belanda mulai dari U-15 hingga U-17. Apakah Anda tidak ingin membela Timnas Belanda?

Setiap tahun saya melakukan yang terbaik, dan jika mereka memanggil saya tentu saya akan bermain untuk mereka suatu saat nanti, begitu pun dengan Timnas Indonesia. Saya mencintai keduanya, dan saya belum tahu nanti akan bermain untuk yang mana.

Apa mimpi terbesar Anda dalam dunia sepak bola?

Ingin menjadi bintang besar di Real Madrid

 

Video Populer

Foto Populer