Sukses


Kecemasan Bek Sayap Arema Melihat Angka VO2 Max di Bawah Standar

Bola.com, Malang - Hasil tes VO2 Max yang digeber pada Rabu (4/1/2017) lalu sudah diterima oleh tim pelatih dan manajemen Arema FC. Bek sayap kiri, Ahmad Alfarizi, level kebugarannya di bawah rata-rata. Ia dituntut memperbaiki kondisi fisiknya jika ingin mengamankan posisi di tim utama Singo Edan di bawah kendali Aji Santoso.

Penyerang sayap Ahmad Nufiandani jadi pemain yang punya stamina paling prima di Arema. Meski latihan resmi baru berjalan hitungan hari, VO2 Max mantan pemain PS TNI itu mencapai 60.

Namun yang mengejutkan justru ada pada pemain yang punya VO2 Max rendah. Selain posisi kiper, nama bek sayap kiri Ahmad Alfarizi masih dalam kategori di bawah rata-rata. Karena dia hanya bisa melahap beep test sampai level 8. Sehingga Vo2 Max bek 26 tahun ini masih dibawah 50.

Padahal, jika melihat penampilannya selama ini, pemain yang akrab disapa Jhon  itu seperti tidak kenal lelah dilapangan. Dia merupakan pemain yang jarang diganti saat Arema mengarungi kompetisi Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo lalu.

Kecepatan lari juga jadi andalannya. Namun pelatih Aji Santoso masih memaklumi kondisi Alfarizi yang masih belum 100 persen. ”Wajar kalau ada yang turun kondisinya. Kan masih baru latihan. Ini juga baru data awal. Nanti ada tes lanjutan menjelang kompetisi,” kata Aji.

Alfarizi sendiri mengaku kalau kondisinya masih belum maksimal. Tapi begitu mengetahui VO2 Max rendah, dia langsung menambah porsi latihan sendiri.

Dalam beberapa sesi latihan, terlihat dia masih menambah latihan speed ketika pemain lain istirahat. ”Karena memang baru kembali menjalani latihan, kondisi fisik saya belum kembali ke level ideal. Saya akan fokus memperbaikinya,” kata pemain yang pernah dipinjamkan ke Persija Jakarta tersebut.

Sebenarnya Alfarizi bukan pemain dengan nilai VO2 Max terendah. Kapten tim Hamka Hamzah juga masih dibawah 50. Sedangkan untuk nilai paling rendah adalah Kurnia Meiga.

Namun tim pelatih sangat memaklumi kondisi Kurnia Meiga sat ini. Selain posisinya sebagai kiper, kini Meiga juga terlihat kurang istirahat pasca membela Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Ia harus memantau kondisi kakak kandungnya, Achmad Kurniawan, yang masih koma di rumah sakit karena serangan jantung sepekan lalu.

Video Populer

Foto Populer