Sukses


Proses Naturalisasi Ezra Walian Sudah Sampai di Presiden Jokowi

Bola.com, Jakarta - Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Kementerian Pemudan dan Olahraga Republik Indonesia, Gatot S. Dewa Broto, mengungkapkan surat rekomendasi naturalisasi pemain Belanda keturunan Indonesia, Ezra Walian, sudah sampai di meja Presiden Joko Widodo. Kini semua proses naturalisasi itu akan menunggu persetujuan Presiden.

Menpora Imam Nahrawi, sudah mengeluarkan surat rekomendasi kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk proses naturalisasi atlet sepak bola asal Belanda, Ezra Walian. Pemain berusia 19 tahun berdarah Manado diproyeksi masuk dalam Timnas Indonesia U-22 yang akan berlaga di SEA Games 2017.

Kini proses naturalisasi pemain itu ada di tangan Presiden Joko Widodo. Gatot. S Dewa Broto mengungkapkan dirinya sudah berkomunikasi dengan pihak Kementerian Sekretaris Negara Republik Indonesia soal surat rekomendasi tersebut.

"Saya sudah berkomunikasi dengan Sekretaris Mensesneg dan kabarnya suratnya sudah ke meja Presiden. Surat dari Menkunham sudah masuk dan sekarang ada di Presiden," ujar Deputi IV Kemenpora Gatot S. Dewa Broto di Kantor Kemenpora, Jumat (13/1/2017).

Jika Presiden Joko Widodo menyetujui proses naturalisasi tersebut, surat akan dikirim kepada Ketua DPR dan dibahas di Komisi 2 DPR RI. Jika semua berjalan lancar surat akan dikirim kembali oleh Ketua DPR kepada Presiden.

Mengenai durasi proses tersebut, Gatot mengaku tak bisa memprediksi. Namun, proses dari surat rekomendasi naturalisasi untuk Ezra tergolong cepat.

"Kalau ditanya berapa prosesnya kami belum tahu bisa cepat atau tidak. Menpora sudah tanda tangan, berarti ada kesungguhan dari kami dan beliau berharap agar secepatnya diproses dan tidak terlambat untuk didaftarkan ke SEA Games 2017. Ini termasuk cukup cepat dibandingkan sebelumnya. Baru ditandatangan akhir Desember 2016, sekarang sudah ada di Istana Negara," lanjutnya.

  • Ezra Walian merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia-Belanda yang kini berkarier bersama Persib Bandung
    Ezra Walian merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia-Belanda yang kini berkarier bersama Persib Bandung
    Ezra Walian merupakan pemain sepak bola keturunan Indonesia-Belanda yang kini berkarier bersama Persib Bandung

    Ezra Walian

  • Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia
    Tim Nasional Indonesia merupakan hasil seleksi pemain-pemain sepakbola terbaik berkebangsaan Indonesia

    Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer