Sukses


Hengkang dari Persib, Yanto Basna Pilih Persipura atau Arema?

Bola.com, Jakarta - Setelah gagal mencapai kesepakatan perpanjangan kontrak dengan Persib Bandung, Rudolf Yanto Basna yang kini berstatus pemain bebas jadi rebutan antara Persipura Jayapura dan Arema FC.

Manajer Persib, Umuh Muchtar, saat mengumumkan Yanto Basna tidak lagi bersama Persib pada Senin (16/1/2017) menyebut bek Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 lalu bakal bermain di klub kampung halamannya, Persipura.

"Agennya minta kenaikan nilai kontrak tiga kali lipat. Saya tidak bersedia menyanggupi permintaan tersebut. Kabarnya Yanto pindah ke Persipura," tutur Umuh.

Yanto yang kelahiran Sorong, Papua Barat, 12 Juni 1995, justru mengawali karier profesional di klub Mitra Kukar. Publik sepak bola Bumi Cendrawasih amat mengharapkan pemain bertahan serbabisa tersebut membela Persipura.

Benhur Tommy Mano, Ketua Umum Persipura mengungkapkan kalau klubnya belum mengajukan tawaran nyata ke sang pemain. "Niatan membawa Yanto Basna pulang ke Tanah Papua baru sebatas pembicaraan saja. Belum ada negosiasi dengan agen atau yang bersangkutan," ujar Benhur.

Namun, pria yang menjabat sebagai Wali Kota Jayapura tersebut tak mengelak kalau menyongsong kompetisi resmi PSSI musim 2017 Persipura berniat mengumpulkan pemain-pemain lokal terbaik.

"Prioritas kami musim ini adalah pemain-pemain lokal asal Papua. Jika ada pemain Papua menyatakan keinginannya untuk membela Persipura, kami dengan senang hati menyambutnya," ujar Benhur.

Persipura sendiri baru akan membicarakan soal ikatan kontrak baru dengan semua 29 pemain Persipura saat ini pasca Piala Presiden 2017, yang rencananya dihelat 31 Januari-12 Maret.

Melihat gelagat ini, Arema FC rumornya mencoba menyalip di tikungan. Pelatih Tim Singo Edan kabarnya yang mendapat tugas melakukan pendekatan pada pemain belia yang kali pertama mentas di Timnas Indonesia U-19 besutan Indra Sjafri dua tahun silam.

Menurut bocoran lingkar dalam Arema, Yanto Basna sudah mengiyakan tawaran yang disodorkan Tim Singo Edan. Arema dalam posisi krisis bek tengah, setelah Hamka Hamzah memutuskan hengkang ke PSM Makassar.

Jaminan tampil sebagai pemain inti ini yang membuat Yanto Basna mau merapat ke Arema FC . Situasi agak berbeda ia rasakan jika bergabung ke Persipura. Ia masih harus bersaing dengan sejumlah bek senior macam Ricardo Salampessy, Bio Paulin, atau Yohannes Tjoe.

 

 

Video Populer

Foto Populer