Sukses


Mengintip Andik Vermansah Terapi Pemulihan Cedera di Surabaya

Bola.com, Surabaya - Bintang Timnas Indonesia, Andik Vermansah masih terus melakukan serangkaian fisioterapi di Physiopreneur yang terletak di kawasan Darmo Permai Timur V/2, Surabaya. Terhitung, sudah tiga minggu pemain yang bermain di klub Malaysia, Selangor FA menjalani terapi di sana.

Andik Vermansah sendiri menjalani terapi lima hari dalam seminggu, Senin-Jumat.

Kini, kondisi Andik tampak lebih baik dibanding minggu pertama dan minggu kedua pasca-operasi. Namun, Asep belum bisa memastikan apakah cedera Posterior Cruciate Ligament (PCL) Andik sudah benar-benar membaik, karena masih harus dibawa ke dokter untuk melihat perkembangannya.

Jika dilihat dari operasi yang dijalani Andik, cedera yang membelit salah satu pemain kunci Tim Merah-Putih di Piala AFF 2016 ini memang tidak terlalu parah.

Pasalnya, dokter tidak menemukan ada yang putus pada bagian yang cedera. Sehingga dokter yang menangani Andik hanya perlu menyuntikkan stemsel guna memperbaiki bagian yang terluka.

Andik yang dijuluki Messi Indonesia itu dihantam cedera saat membela Timnas Indonesia kontra Thailand pada final leg pertama Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, Rabu (17/12/2016).

Andik Vermansah, cedera tidak separah yang diprediksi sebelumnya. (Bola.com/Fahrizal Arnas)

Hingga kini belum diketahui perkembangan kinerja Stemsel yang diijeksikan ke kaki Andik saat operasi lalu. Sang fisioterapis yang menangani Andik, Asep Aziz, masih menunggu hasil dari pemeriksaan lebih lanjut yang dilakukan dokter guna mengambil langkah lebih lanjut.

“Setahu saya cedera Andik tergolong tidak parah, karena tidak ada yang putus dan harus direkonstruksi ulang, jadi seharusnya bisa lebih cepat,” kata Asep Aziz saat dijumpai Bola.com pada Senin (23/1/2017).

Menurut Asep, biasanya untuk cedera seperti yang dialami Andik membutuhkan waktu paling cepat enam minggu. Dengan tahapan, tiga minggu pertama terapi yang dilakukan tergolong ringan.

Baru memasuki minggu keempat hingga pekan keenam akan dilakukan peningkatan terapi secara bertahap.

Asep menyatakan, ia sedang mengupayakan dalam waktu dua bulan pasca-operasi, pemain kelahiran Jember, 23 November 1991 itu sudah bisa kembali berlatih.

Namun, ia tak akan memaksakan jika cedera Andik membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh. Dari prediksi Asep, paling lama Andik bisa berlatih lagi tiga bulan pasca-operasi.

“Kami mengejar dua bulan. Kalau memang tidak bisa, dengan berat hati Andik Vermansah harus rela tiga bulan baru bisa kembali menjalani latihan. Intinya, kami akan pantau terus perkembangannya,” terang Asep.

Video Populer

Foto Populer