Sukses


Persiapan Mepet Perseru Sambut Piala Presiden 2017

Bola.com, Jakarta - Sebagai salah satu peserta Piala Presiden 2017, Perseru Serui tidak mau ketinggalan ikut mempersiapkan diri jelang turnamen pramusim yang mulai bergulir pada Sabtu (4/2/2017). Meski, memang kenyataannya bila dibandingkan dengan klub lain, persiapan Perseru terbilang kalah start.

Pelatih Perseru, Yusack Sutanto, kepada Bola.com mengungkapkan timnya baru mulai aktif berkumpul dan berlatih pada Senin (23/1/2017) atau selang beberapa hari sejak ia ditunjuk manajemen jadi pelatih klub yang bermarkas di Stadion Marora itu pada Kamis (19/1/2017). Padahal, kontestan lain yang juga sesama klub kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1, sudah bersiap sejak jauh-jauh hari.

"Setelah ditunjuk jadi pelatih, kami baru berkumpul satu minggu lalu, dengan menggelar latihan di Mojokerto, Jatim, hingga sekarang," kata Yusack.

Mantan pelatih Perserang Serang itu mengungkapkan bila Perseru kali ini mengandalkan mayoritas pemain muda. "Jumlah pemain saat ini, 19 pemain, kebanyakkan pemain lokal. Sebanyak 10 di antaranya berusia di bawah U-23," beber Yusack.

Yusack menambahkan bila komposisi pemain dengan mengutamakan pemain muda sesuai dengan arahan manajemen. Kendati, regulasi PSSI hanya meminta tiga pemain U-23 yang tampil selama 90 menit dalam setiap pertandingan. 

Di sisi lain, pemilihan Yusack Sutanto jadi bukti bila manajemen klub berjulukan Kuda Laut Oranye memang fokus pada pembinaan pemain muda. Pasalnya, Yusack yang memiliki lisensi pelatih A AFC dikenal bertangan dingin dalam mengorbitkan pemain muda.

Dengan latar belakang itu, manajemen klub tidak memasang target muluk-muluk baik di Piala Presiden 2017 maupun Liga 1 2017. Meski begitu, Yusack berjanji akan membawa Perseru ke penampilan terbaik sehingga tidak mengecewakan para pendukung.

Uji coba pertama sejak berlatih, Rabu (1/2/2017), dilalui Perseru dengan baik. Mereka mampu menahan 0-0 Persegres Gresik United pada uji coba yang dimainkan di Stadion Tri Dharma, Gresik.

"Permainan tim sudah cukup lumayan mengingat kami baru berlatih satu pekan. Tapi, transisi permainan dari menyerang ke bertahan dan sebaliknya masih jadi catatan. Kami akan perbaiki itu," kata Yusack.

Hanya, kemungkinan Perseru sudah tidak memiliki waktu lagi untuk menggelar satu kali lagi uji coba seperti keinginan sang pelatih lantaran Grup 5 yang dihuni Perseru, memulai pertandingan pertama pada Rabu (8/2/2017). Di laga pertamanya, Perseru akan dijajal PSCS Cilacap, dan partai lain mempertandingkan Madura United versus Semen Padang.

Perseru saat ini juga masih menyeleksi pemain asing, yakni satu pemain asal Mali untuk posisi striker serta gelandang asal Kroasia berpaspor Australia. Hingga saat ini Perseru baru mengontrak satu pemain asing, Boman Aime, yang dipertahankan dari skuat musim lalu.

 

Video Populer

Foto Populer