Sukses


Seleksi Pemain Timnas Futsal Indonesia U-20 Melalui Cara Khusus

Bola.com, Jakarta - Federasi Futsal Indonesia memberikan tugas kepada pelatih anyar Timnas Futsal Indonesia, Vic Hermans, untuk membentuk Timnas Futsal Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Asia Futsal U-20 2017 di Thailand pada Mei 2017. Seleksi pemain untuk Timnas Futsal Indonesia U-20 pun harus dilakukan dengan cara yang berbeda karena persiapan mepet.

Vic Hermans resmi dikontrak selama satu tahun untuk menangani Indonesia sejak Kamis (2/2/2017). Pelatih asal Belanda dibebani dengan tugas membentuk dua tim, yang salah satunya merupakan Timnas Futsal Indonesia U-20 untuk berlaga di Piala Asia Futsal U-20 2017 yang digelar di Thailand mulai 9 Mei.

Namun, berbeda dengan seleksi pemain untuk timnas senior yang bisa dilakukan dengan memantau pertandingan Pro Futsal League 2017, seleksi untuk menjaring pemain-pemain dengan kategori U-20 harus dilakukan dengan cara khusus, yaitu membuka seleksi kepada semua pemain futsal Indonesia yang masih memenuhi kategori usia dengan jalur rekomendasi.

"Untuk seleksi Timnas Futsal Indonesia U-20 menggunakan sistem rekomendasi. Pertama kami meminta data pemain dari PON 2016, karena di sana rata-rata pemain U-23 dan ada pemain U-20 juga. Kemudian rekomendasi dari klub futsal profesional yang memiliki pemain-pemain dengan kategori U-19. Ada rekomenasi dari Asosiasi Futsal Provinsi," ujar Direktur Teknik Timnas Futsal Indonesia, Efraim Ferdinand.

Efraim menambahkan, untuk seleksi dilakukan pada Februari 2017 dan tak hanya di Jakarta, tapi beberapa daerah yang potensial memiliki pemain futsal. 

Pembentukan Timnas Futsal Indonesia U-20 menjadi prioritas bagi Vic Hermans. Agenda Piala Asia Futsal 2017 akan menjadi turnamen pertama yang diikuti Indonesia dari empat turnamen yang ada sepanjang 2017. Manajemen Timnas Futsal Indonesia hanya memiliki waktu tiga bulan persiapan menuju turnamen futsal Asia untuk kategori U-20 itu.

Video Populer

Foto Populer