Sukses


Pelatih Timnas Malaysia Berguru ke Queens Park Rangers

Bola.com, Kuala Lumpur - Pelatih timnas Malaysia, Ong Kim Swee, dan asistennya di tim Harimau Malaysia, Brad Maloney, mendapat kesempatan menimba ilmu di klub peserta kasta kedua liga Inggris, Queens Park Rangers (QPR), di London.

Ong Kim Swee dan Brad Maloney akan berada di QPR selama satu bulan, 7 Februari-8 Maret 2018. Keduanya langsung berada di bawah bimbingan pelatih kepala QPR, Ian Holloway.

Keberadaan Ong Kim Swee dan Brad Maloney di QPR ini jadi bentuk kerja sama pertama Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) dengan Tune Group yang juga pemilik QPR. Tune Group ini dimiliki Tony Fernandes, pengusaha asal Negeri Jiran.

Ong Kim Swee dan Brad Maloney belajar ilmu kepelatihan serta dalam hal latihan. Keduanya juga melihat dan mencermati bagaimana QPR mengelola akademi sepak bola mereka.

"Ini jadi peluang bagus dalam karier kepelatihan saya. Saya berharap bisa menggunakan apa yang sudah saya pelajari untuk timnas," kata Ong Kim Swee seperti dikutip dari The Star.

"Penugasan ini akan menjadi kesempatan bagi saya untuk melihat sendiri bagaimana klub dengan level tinggi menjalankan urusan mereka hari per hari. Akan banyak peluang bagi saya selama satu bulan ini," tambah pelatih 46 tahun.

Di sisi lain, kepergian pelatih kepala dan asisten pelatih selama satu bulan ke London ini tidak akan memengaruhi aktivitas timnas Malaysia jelang kualifikasi Piala Asia 2019. Malaysia tergabung di Grup B bersama Korea Utara, Hong Kong, dan Lebanon.

Timnas Malaysia membuka kampanye ke Piala Asia 2019 dengan melawat ke Pyongyang menghadapi tim tuan rumah Korea Utara pada 28 Maret 2017. Skuat Malaysia diagendakan berkumpul untuk menjalani pemusatan latihan mulai 19 Maret 2017.

Timnas Harimau Malaysia dijadwalkan menjalani laga uji coba melawan klub China atau timnas Filipina sebagai pemanasan pada 22 Maret sebelum bertolak ke Pyongyang.

"Kami sudah mengirim surat ke Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) untuk beruji coba bersama. Bila mereka tidak bisa, kami akan menjajal klub China di sana," tutur Kim Swee.

"China Super League punya banyak pemain berkualitas dan saya yakin mereka bisa memberikan kami ujian berat," ucap Ong Kim Swee.

Video Populer

Foto Populer