Sukses


4 Kejutan yang Terjadi di Piala Presiden 2017

Bola.com, Jakarta - Piala Presiden 2017 dijadikan oleh klub kontestan kompetisi Liga 1 sebagai turnamen pemanasan. Babak penyisihan ajang tersebut dihelat di lima tempat dan diikuti oleh 20 klub, dua diantaranya yaitu PSCS dan PSS adalah tim yang berasal dari ISC B. Dua tim itu menjadi undangan karena status sebagai juara dan runner up ISC B 2016. 

Mayoritas klub menjadian turnamen ini sebagai sarana untuk menjajal pemain dan memantapkan kerja sama tim. Maklum, ada sejumlah pelatih baru yang dikontrak klub. Ada pula tim yang diperkuat oleh pemain baru. Tak heran kalau klub, pelatih, dan pemain memang membutuhkan sarana untuk menjajal kekuatan terkini, sebelum tampil pada kompetisi yang sebenarnya.

Meskipun berstatus sebagai ajang pramusim, turnamen ini tetap menyuguhkan greget dan kejutan. Sejak dimulai pada 4 Februari, sejumlah kejutan telah terjadi. Apa saja kejutan yang sudah tersaji pada Piala Presiden 2017? Berikut diantaranya:

2 dari 5 halaman

Persipura Melempem

1. Persipura Kalah

Persipura datang ke Piala Presiden 2017 dengan status sebagai juara turnamen Torabika Soccer Championship 2016. Lantaran berhasil membawa tim Mutiara Hitam jaura TSC 2016, manajemen mempertahankan pelatih Angel Alfredo Vera.

Soal materi pemain, Persipura masih diperkuat pemain senior macam Boaz Solossa, Ian Kabes, Ricardo Salampessy, Imanuel Wanggai dan Yoo Jae-hoon. Mereka diramu dengan pemain junior Osvaldo Haay, serta pemain asing yang kembali setelah sempat memperkuat Persib, Robertino Pugliara.

Namun apa daya, Persipura justru tampil melempem di dua laga awal. Pada pertandingan pembuka, Persipura ditahan tim dari ISC B, PSS Sleman, dengan skor 0-0 (4/2/2017).

Hasil lebih pahit dipetik pada laga kedua lawan Persegres Gresik United kala Boaz dkk. kalah dengan skor tipis 1-2 (9/2/2017). Gol Jeky Arisandi dan Arsyad Yugiantoro hanya bisa dibalas sebuah gol Yustinus Pae. Kondisi ini membuat Persipura yang tadinya diunggulkan untuk lolos dari Grup 1 berada dalam posisi yang sulit.

3 dari 5 halaman

Kejutan Tim ISC B

2. Penampilan Tim ISC B

Turnamen Piala Presiden 2017 diramaikan dengan kehadiran tim yang berasal dari ISC B, yaitu PSCS Cilacap dan PSS Sleman. Keduanya mendapat kehormatan tampil di turnamen ini karena status sebagai juara dan runner up ISC B 2016.

Meski berasal dari kompetisi level kedua, penampilan PSCS dan PSS tidak memalukan. Kedua tim tersebut bahkan menyuguhkan kejutan dengan mencuri poin dari lawan yang berada di kasta tertinggi kompetisi Indonesia.

PSS yang bergabung di Grup 1 bermain imbang dan mencuri satu poin dari Persipura (0-0) dan Mitra Kukar (3-3). Saat menghadapi Mitra Kukar, PSS punya peluang besar untuk menang karena mampu unggul 3-0 lebih dulu. Namun kelengahan para pemain PSS akhirnya membuat lawan bisa menyamakan skor.

Sementara PSCS yang merupakan juara ISC B malah mampu mendulang poin penuh di Grup 5. Tim asal Cilacap itu mampu menang tipis 1-0 atas Perseru Serui di laga pembuka.

4 dari 5 halaman

PSM Tersingkir

3. PSM Terancam Tersingkir di Penyisihan Grup

PSM adalah salah satu klub kontestan Piala Presiden 2017 yang gencar merekrut pemain bintang untuk memperkuat tim. Pemain bintang macam Hamka Hamzah, Zulkifli Syukur, dan Raphael Maitimo didatangkan untuk bergabung dengan bintang lama yang dipertahankan seperti Ferdinan Sinaga, Titus Bonai, dan Rasyid Bakrie.

Tak heran, dengan materi pemain seperti itu PSM menjadi salah satu unggulan di Grup 3 bersama tuan rumah Persib. Apalagi tim Juku Eja masih ditangani pelatih Robert Rene Albert yang dikenal bertangan dingin.

Namun dua kekalahan dari Persib (0-1) dan Persela (1-2) membuat PSM sulit lolos ke babak berikutnya. Hanya tim juara grup dan tiga runner up terbaik yang akan lolos ke babak 8 Besar di turnamen Piala Presiden 2017.

5 dari 5 halaman

Firman Utina di Bhayangkara FC

4. Firman Utina Main di Bhayangkara FC

Mantan pemain timnas Indonesia Firman Utina sebetulnya masih memiliki kontrak dengan Sriwijaya FC hingga bulan Maret. Namun ia memastikan tidak memperpanjang kontraknya klub asal Palembang tersebut.

Firman juga meminta untuk tidak disertakan dalam tim saat SFC tampil di Piala Presiden 2017. Ia mengaku ingin beristirahat dan masih akan mencari klub sebelum tampil di kompetisi Liga 1.

Demi menghormati kontraknya dengan SFC, Firman juga sempat menyebut tak akan tampil di Piala Presiden 2017 dengan klub manapun. Namun kejutan kemudian terjadi.

Firman resmi dikontrak oleh Bhayangkara FC selama setahun. Eks gelandang timnas ini sudah ikut bermain sebagai pemain pengganti saat Bhayangkara menang 2-1 atas PS TNI pada laga pembuka Grup 2 (11/2/2017).

Video Populer

Foto Populer