Sukses


Asprov PSSI Antusias, Pola Seleksi Timnas Indonesia U-19 Berubah

Bola.com, Depok - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, mengungkapkan akan adanya enam tahap seleksi untuk timnya dari rencana semula yang hanya dua tahap. Antusiasme Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI untuk memberikan pemain-pemain agar dilihat kemampuannya oleh Indra Sjafri membuat akan ada sekitar enam seleksi tingkat nasional untuk Timnas Indonesia U-19.

Awalnya seleksi Timnas Indonesia U-19 dibagi menjadi dua tahap, yaitu tahap pertama pada 1 hingga 4 Maret 2017. Sementara itu, yang kedua diselenggarakan pada 5 sampai 8 Maret 2017.

Dalam seleksi tahap pertama, ada 41 pemain yang mengikuti seleksi yang diambil dari Piala Soeratin, PPLP dan PPLM, dan anak-anak eks Timnas U-16 asuhan Fachri Husaini dan eks Timnas U-19 asuhan Eduard Tjong.

Untuk tahap kedua, rencananya akan diikuti oleh pemain-pemain yang dijaring dari seleksi tingkat Asprov PSSI dan pemain-pemain Indonesia yang dipanggil oleh PSSI dari luar negeri. Namun, rencana untuk tahap kedua itu pun harus diubah melihat begitu antusiasme banyak Asprov PSSI.

Kepastian adanya perubahan tersebut didapatkan setelah Indra Sjafri mengakui akan ada seleksi tahap kedua hingga keenam dalam pembentukan Timnas Indonesia U-19 asuhannya.

Sang mentor bersyukur Asprov PSSI begitu antusias dan ia pun memberi kesempatan kepada pemain-pemain terbaik dari seluruh Indonesia itu untuk mengikuti seleksi.

"Setelah ini memang ada tahap kedua, tahap ketiga, hingga tahap keenam. Saya mengikuti dinamika yang ada. Jadi Asprov PSSI begitu antusias dan mereka ingin saya melihat pemain-pemain yang mereka miliki. Jadi saya akan menunggu untuk itu. Hampir semua Asprov semua melakukan kegiatan seleksi untuk tim ini," ujar Indra Sjafri ujar sesi seleksi di National Youth Training Centre PSSI, Sawangan, Depok, Jumat (3/3/2017).

Namun, Indra Sjafri juga memastikan kepada Bola.com bahwa tahapan seleksi tersebut tidak akan melewati 15 Maret 2017. Info yang didapatkan Bola.com dari sumber PSSI menyebutkan salah satu seleksi akan digunakan untuk melihat 12 pemain dari luar negeri yang dipanggil oleh PSSI.

Sementara itu, untuk empat tahap seleksi lain yang diungkapkan oleh Indra Sjafri, info yang kami dapatkan adalah akan ada empat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di empat kota besar di Indonesia.

Empat kota yang dipilih merupakan kota besar yang akan memfasilitasi kota-kota di sekitarnya yang memiliki pemain bagus untuk tim asuhan Indra Sjafri tersebut.

Rencananya, empat tahap seleksi di empat kota tersebut akan dilakukan secara bersamaan. Dua kota akan menggelar seleksi lebih dulu secara bersamaan dan kemudian akan disusul oleh dua kota berikutnya. Namun, saat dikonfirmasi mengenai rencana tersebut, Indra Sjafri masih enggan menjawabnya.

"Nanti akan ada rilis untuk perubahan tahapan seleksi itu," ujar Indra Sjafri singkat.

Timnas Indonesia U-19 dipersiapkan oleh PSSI untuk mengikuti Piala AFF U-18 2017 yang akan digelar di Myanmar pada September 2017. Selain itu, tim asuhan Indra Sjafri itu juga akan dipersiapkan untuk mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-19 2018 yang akan digelar pada Oktober-November 2017.

Meski Indonesia disebut akan mendapatkan prioritas untuk menggelar Piala Asia U-19 2018, PSSI berniat untuk tetap mengikutkan Timnas Indonesia U-19 dalam kualifikasi sebagai satu bagian persiapan.

 

Video Populer

Foto Populer