Sukses


Antusiasme Besar Warnai MILO Football Championship 2017

Bola.com, Bandung - Antusiasme begitu terasa di Stadion Siliwangi Bandung pada Sabtu (25/3/2017). Sebanyak 16 tim sepak bola usia sekolah dasar saling berjuang untuk meraih kemenangan dalam MILO Football Championship 2017 yang digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 25-26 Maret 2017.

Dua ratus lima puluh enam siswa sekolah dasar yang memperkuat 16 tim di MILO Football Championship 2017 regional Bandung adalah hasil dari kualifikasi yang sudah dijalankan sebelumnya di Bandung Raya, Bekasi, Tasikmalaya, dan Sumedang. Tak hanya para pemain cilik yang tampil di lapangan, pendukung tim-tim sekolah dasar pun tak kalah semangat memberikan dukungannya dari tribune stadion.

Antusiasme dan potensi besar yang begitu terlihat di Bandung memang diakui menjadi salah penyebab MILO Football Championship 2017 untuk ketiga kalinya juga digelar di Kota Kembang itu.

"Kenapa kami kembali ke Bandung? Karena dari awal kami memilih Bandung setelah melihat potensi yang begitu besar dalam urusan pembinaan usia dini di cabang olahraga sepak bola," ujar Senior Sports Marketing Executive Nestle MILO, Donny Wahyudi, di Stadion Siliwangi Bandung, Sabtu (25/3/2017) siang.

"Sebenarnya MILO Football Championship memang kami prioritaskan di kota yang sama pada setiap tahunnya, seperti Jakarta, Medan, Bandung, dan Makassar. Alasannya karena kota tersebut bisa kami jangkau dan antusiasme terhadap sepak bola di sini sangat bagus sekali," lanjutnya.

Pandangan yang sama terkait potensi dan antusiasme besar di Bandung juga diungkapkan oleh salah satu legenda hidup Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto. Mantan pemain yang akrab disapa "kurus" itu bahkan mengaku cukup bingung ketika harus memilih pemain terbaik yang bisa dibawa ke MILO Football Camp yang menjadi tahap lanjut dari pembinaan yang dilakukan oleh MILO.

"Kami agak bingung ketika memilih pemain di Bandung. Potensi pemain yang dimiliki sangat banyak dan sangat luar biasa. Postur tubuh pemain usia muda di sini pun bagus. Terlihat bagaimana pembinaan usia dini di Bandung sangat berjalan. Baru bertanding saja sudah sangat terlihat mereka sangat mengerti dasar bermain sepak bola," ujar Kurniawan di tempat yang sama.

Kurniawan memantau pemain di MILO Football Championship 2017 regional Bandung bertujuan untuk mencari pemain terbaik yang bisa masuk dalam 16 pemain yang akan mengikuti MILO Football Championsip di Sentul, Bogor. Bahkan dengan kerja sama yang dibangun MILO bersama FC Barcelona, akan ada lima pemain yang akan terbang ke Spanyol untuk menjalani latihan di FC Barcelona Escola.

Kesempatan langka yang bisa didapatkan lima pemain Indonesia tersebut membuat Kurniawan pun tidak ingin main-main dalam memilih pemain yang pantas mendapatkan kesempatan ke Barcelona itu. Standar pemilihan pemain pun diakuinya harus ditingkatkan dengan pemain cerdas menjadi prioritas utama selain kemampuan teknis bermain sepak bola.

"Tentu semakin selektif dan lebih ketat. Selain memilih 16 pemain untuk MILO Football Camp, lima pemain akan dibawa ke Barcelona. Jadi untuk masalah ini saya tidak mau main-main. Standar yang kami gunakan selain kemampuan dasar teknik mereka adalah mencari pemain yang cerdas. Alasannya, pemain seperti itu akan lebih cepat menyerap instruksi pelatih, lebih cepat mengambil keputusan di lapangan. Selain itu, perilaku pemain di dalam dan di luar lapangan serta jiwa kepemimpinan pemain pun akan kami nilai," kata Kurniawan.

Sementara itu, antusiasme besar yang terlihat di MILO Football Championship 2017 regional Bandung diharapkan bisa memenuhi salah satu program PSSI terkait pembinaan usia muda. Direktur Kompetisi Asprov PSSI Jawa Barat, Indra Achmad Nur Budi, mengakui MILO Football Championship menjadi salah satu pembinaan usia muda yang bisa membantu pembentukan Timnas Indonesia yang kuat di masa depan.

"Jika tahun lalu hanya di Bandung untuk level kualifikasinya, tapi tahun ini di empat area. Ini perkembangan yang luar biasa karena artinya bukan hanya di Bandung Raya tetapi di seluruh Jawa Barat. Ini sangat mendukung program yang tengah dijalankan PSSI, di mana Ketua Umum PSSI saat ini sudah mengarahkan mengenai pembinaan usia muda untuk membentuk Timnas Indonesia yang sangat baik," ujar Indra Achmad Nur Budi.

MILO Football Championship 2017 regional Bandung akan mencapai puncaknya pada Minggu (26/3/2017). Dalam pelaksanaan hari kedua kegiatan festival sepak bola usia dini tersebut, rencananya juga akan dilakukan coaching Clinic untuk anak-anak usia dini yang diberikan langsung oleh Kurniawan dan Zainal Abidin.

 

Video Populer

Foto Populer