Sukses


Respons Klub Liga 2 soal Regulasi Kompetisi

Bola.com, Jakarta - PSSI dan operator liga telah menyosialisasikan regulasi kompetisi baik Liga 1 maupun Liga 2. Ada beberapa yang menjadi perhatian klub, terutama soal regulasi pembatasan pemain senior.

Pada kompetisi Liga 1, setiap klub hanya boleh menggunakan dua pemain yang usianya di atas 35 tahun. Hal itu juga berlaku untuk tim Liga 2. Manajer Persatu Tuban, Fahmi Fikroni berharap PSSI meninjau lagi soal regulasi pembatasan tersebut. Untuk Liga 2, klub juga hanya boleh memakai lima pemain yang usianya di atas 25 tahun.

"Saya pikir ada baiknya dipertimbangkan lagi karena pemain senior juga masih banyak yang bagus. Contohnya Cristian Gonzales, usia 40 tahun masih menjadi striker subur dan itu sudah dibuktikan," kata Fahmi. 

Soal pemain yang berusia 25 tahun, Persatu setuju dengan regulasi yang ditetapkan. Dengan makimal lima pemain, tim akan lebih banyak mengandalkan pemain di bawah 25 tahun, sehingga kesempatan tampil untuk pemain muda sangat besar.

"Memang bagus untuk pemain muda dan kami sudah melakukan pembinaan sejak tampil di Divisi Utama," kata pelatih Martapura FC, Frans Sinatra.

Akibat pembatasan pemain senior itu, beberepa klub mulai mengalami kendala. Seperti Prsebaya yang kehilangan Mat Halil karena terbentur regulasi. Direktur Tim Persebaya, Chandra Wahyudi mengaku tidak ada masalah dengan regulasi secara keseluruhan. 

"Ya, kami akan rapatkan soal pembatasan pemain senior karena di tim ada satu pemain yang tidak bisa direkrut karena regulasi tersebut," kata Chandra.

Pada kompetisi Liga 2, tidak ada regulasi baru terkait jumlah susunan pemain dan pergantian. Sementara, pada kompetisi Liga 1, ada dua regulasi baru yang diterapkan, yakni jumlah pemain dalam daftar susunan menjadi 20 dan satu tim bisa melakukan lima pergantian pemain.

Soal pergantian pemain, regulasi Liga 1 melenceng dari Laws of the Game dari FIFA dan International Football Association Board (IFAB), di mana pertandingan sepak bola resmi di bawah FIFA, konfederasi, dan asosiasi negara anggota, pergantian pemain hanya dapat dilakukan maksimal tiga orang.

Soal regulasi baru, PSSI mengklaim telah melakukan komunikasi informal dengan FIFA dan segera setelah digelar managers meeting Liga 1 dan Liga 2, PSSI akan mengirimkan surat secara resmi.

Video Populer

Foto Populer