Sukses


PSSI - APPI Cari Titik Temu Soal Pembatasan Usia Pemain

Bola.com, Jakarta - Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI) berencana melakukan pertemuan dengan PSSI pada awal pekan depan. Pertemuan dilakukan seiring rencana PSSI memberlakukan pembatasan usia pemain di pentas kompetisi profesional Tanah Air musim 2017.

PSSI mengumumkan aturan baru soal pembatasan usia pemain pada Rabu (29/3/2017). Di kompetisi kasta elite Liga 1, klub maksimal hanya boleh menggunakan dua orang pemain berusia di atas 35 tahun.

Sementara itu, di kompetisi kasta kedua Liga 1 klub-klub hanya boleh mengontrak maksimal lima pemain di atas usia 25 tahun.

Menurut Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, regulasi ini dibuat untuk memberi kesempatan yang besar pada para pemain muda mentas.

Namun, aturan ini memunculkan konsekuensi negatif. Banyak pesepak bola nasional terancam jadi penganggur, karena usianya telah melewati ambang batas yang ditetapkan PSSI.

Cristian Gonzales, bomber gaek berusia 40 tahun yang saat ini bermain di Arema FC merespons aturan ini.

"Peraturan yang benar-benar aneh. Hanya gara-gara usia bagus pesepak bola dengan berkualitas dilarang bermain di pentas kompetisi. PSSI harus merubah aturan ini," kata bomber naturalisasi berdarah Uruguay tersebut dalam sebuah perbincangan dengan Bola.com di Malang baru-baru ini.

APPI, organisasi yang menjadi wadah bagi para pemain gelisah dengan rencana PSSI memberlakukan aturan main soal pembatasan usia.

Dalam rilis resminya yang diterima Bola.com pada Jumat (31/3/2017) sore, organisasi yang dipimpin duet pesepak bola top, Ponaryo Astaman dan Bambang Pamungkas itu menyebut kalau pertemuan antara APPI dengan PSSI menghasilkan jalan keluar yang terbaik.

"Semoga pertemuan nanti dapat menghasilkan solusi terbaik demi kemajuan pesepakbolaan Indonesia. Mari kepada seluruh pesepak bola untuk dapat mendukung pertemuan nanti dan mendoakan untuk hasil yang terbaik nantinya bagi teman-teman semua," tulis rilis APPI.

Dalam pertemuan dengan federasi, pengurus teras APPI berencana membawa serta pesepak bola gaek di atas usia 35 tahun.

"Setelah beberapa kali mengalami penundaan, akhirnya telah disepakati akan  diadakannya pertemuan di awal pekan depan antara PSSI dengan APPI dan juga dihadiri para pesepak bola senior yang mewakili seluruh pesepak bola yang berusia 35 ke atas khususnya," bunyi pernyataan resmi APPI.

 

Video Populer

Foto Populer