Sukses


Luis Milla Tekankan Pentingnya Nilai dan Filosofi Permainan

Bola.com, Karawaci - Pelatih Timnas Indonesia U-22, Luis Milla, bicara banyak dalam acara A Night with the Manajer yang digelar di Hotel Yasmin, Karawaci, Tangerang, Jumat (31/3/2017).

Dalam acara yang digelar bidang media PSSI itu, pelatih asal Spanyol itu menyoroti pentingnya filosofi yang ditanamkan pada setiap pemain di suatu negara. Indonesia, disebut Luis Milla masih perlu merumuskan filosofi dasar itu.

Pelatih 51 tahun itu lantas mencontohkan pengalamannya semasa membesut timnas Spanyol U-21 pada durasi 2010-2012. Ketika itu, ia mampu membawa Ander Herrera dkk. menjuarai Piala Eropa U-21 pada 2011. 

Para pemain muda yang pernah jadi juara Eropa itu tidak kesulitan berkontribusi dalam klub besar seperti Barcelona. Pasalnya, sebagai tim dengan rekam jejak dan sejarah panjang, Barcelona telah memiliki filosofi dan value yang jadi pijakan klub dalam melangkah. 

Hal itu juga memberikan arahan sehingga seluruh stakeholder termasuk pemain memiliki pegangan kuat dalam menjalankan fungsi masing-masing.

"Saya melihat 6-7 pemain Barcelona yang pernah saya tangani di timnas Spanyol, yang menjadi juara Eropa U-21, memberi pengaruh positif kepada tim. Ini karena Barcelona punya value dan filosofi yang sudah berjalan 30 tahun dan beberapa figur pemain punya leadership yang kuat. Sekarang saat Carles Puyol dan Xavi Hernandez bicara, semua anggota tim mendengarkan mereka dengan mata berbinar-binar," paparnya.

Namun, dalam kesempatan acara ini, Luis Milla tidak menjelaskan apakah dirinya sudah menemukan figur leader sama di Timnas Indonesia atau belum.  

 

Video Populer

Foto Populer