Sukses


Riwayat Cedera Essien Membuat Suporter Persib Cemas

Bola.com, Bandung - Kelompok suporter Persib Bandung, Viking Persib Club, mengkhawatirkan riwayat cedera Michael Essien. Gelandang 34 tahun itu diharapkan bisa menjaga kondisinya agar tidak kembali dibekap cedera.

Michael Essien merupakan salah satu gelandang jangkar terbaik di Eropa. Dia pernah memperkuat klub-klub besar, mulai Chelsea, Real Madrid, AC Milan, serta Panathinaikos. Akan tetapi, penampilan apik eks bintang timnas Ghana itu beberapa kali diganggu cedera.

Ketika masih memperkuat The Blues, Michael Essien pernah dua kali mengalami cedera ligamen pada musim 2008-2009 dan 2011-2012, serta retak tulang di lutut musim 2009-2010. Akibat cedera tersebut, Essien total harus absen selama 535 hari, atau satu tahun dan enam bulan.

Bukan hanya di Chelsea, Essien juga pernah mengalami cedera ketika berseragam AC Milan dan Panathinaikos. Di Milan, Essien mengalami cedera otot dan harus absen selama 88 hari, serta di Panathinaikos juga dihantam cedera otot dan menepi selama 92 hari.

Memiliki riwayat cedera yang cukup panjang, Essien dikhawatirkan kembali mengalami hal serupa saat bersama Persib Bandung di Liga 1 musim ini. Sebab, tidak semua stadion di Indonesia memiliki rumput lapangan yang bagus serta permainan kasar yang kerap diperagakan pesepak bola di Tanah Air.

"Kami juga khawatir Essien bisa mengalami cedera karena lapangan di Indonesia dan Eropa sangat berbeda. Namun, semuanya kembali lagi ke Essien, harus pintar menjaga kondisi hingga mewaspadai tekel lawan saat bermain," ujar salah satu pentolan Viking, Agus Rahmat, kepada Bola.com.

Kendati begitu, Michael Essien diyakini masih akan berkontribusi buat Persib. Pengalamannya bermain di klub-klub besar Eropa dapat memberi pengaruh positif untuk permainan tim Maung Bandung.

"Essien pernah main di klub-klub besar, jadi harus bisa berkontribusi buat Persib. Apalagi, dia di kontrak mahal oleh Persib, jadi harus bisa lebih baik dari pemain lokal yang ada di tim saat ini. Harus bisa memberikan kontribusi yang lebih dari segalanya, karena dia juga adalah pemain profesional," lanjut pria yang akrab disapa Gusdul tersebut.

Michael Essien bersama seluruh pemain Persib telah diperkenalkan ke publik di Stadion Siliwangi, Minggu (2/4/2017) malam WIB. Selain Essien, manajemen tim Pangeran Biru juga memperkenalkan dua rekrutan lainnya, yakni Carlton Cole dan Raphael Maitimo, serta merilis jersey yang akan dipakai menghadapi Liga 1 musim ini.

Video Populer

Foto Populer