Sukses


Essien dan Cole Butuh Waktu untuk Adaptasi Kondisi di Indonesia

Bola.com, Jakarta Pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya, meminta kepada bobotoh untuk tidak terlalu terburu-buru memasang harapan terlalu tinggi kepada dua pemain kelas dunia, Michael Essien dan Carlton Cole. Pasalnya, kedua pemain tersebut masih butuh waktu satu sampai tiga bulan untuk menyesuaikan dengan kondisi Indonesia, terutama soal iklim dan perbedaan waktu.

Itulah mengapa Yaya menegaskan kemungkinan besar performa Essien dan Cole pada laga perdana Liga 1 melawan Arema FC, 15 April 2017, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jalan Gedebage, Bandung, belum berada di puncaknya.

"Mereka butuh waktu minimal satu bulan untuk membiasakan dengan kondisi di Indonesia. Paling lama tiga bulan. Kami usahakan agar mereka cepat beradaptasi dengan cuaca di sini dan bisa menyesuaikan waktu Indonesia," ujar Yaya di mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Kamis (6/4/2017).

Yaya mengaku akan terus mengusahakan untuk meningkatkan fisik anak asuhnya secara bertahap hingga jelang laga perdana. Yang penting, lanjut Yaya, tidak ada satu pun pemain yang cedera saat mengawali Liga 1.

"Tadi Essien sempat bilang hari ini hanya bisa tidur lima jam. Selama satu minggu di sini dia mengaku baru satu hari tidur nyenyak. Jadi, dia masih kesulitan mengatur jam istirahat. Setiap pemain asing yang pertama datang ke sini memang cenderung memiliki masalah sama," jelas Yaya.

Meski demikian, Essien dan Cole, kata Yaya, terlihat memiliki motivasi tinggi dalam meningkatkan performa. Apalagi, rekan satu tim ikut membantu menceritakan animo sepak bola Indonesia. "Mereka juga suka bercanda. Itu sangat membantu proses adaptasi," kata Yaya.

Selain itu, Essien dan Cole selalu berbagi ilmu dengan jajaran tim pelatih. "Mudah-mudahan kondisi fisik mereka sudah berada dalam top perform-nya sehingga bisa dimainkan di laga perdana, tapi keputusan ada di pak Djadjang (Nurdjaman)," ungkap Yaya.

 

Video Populer

Foto Populer