Andik Vermansah Jaga Kondisi Jelang Kembali ke Malaysia

Oleh Fahrizal Arnas pada 17 Apr 2017, 12:15 WIB
Andik Vermansah

Bola.com, Surabaya - Andik Vermansah Dipastikan akan bertolak ke Malaysia sesuai jadwal. Seperti yang ia ungkapkan sebelumnya, Selangor FA telah mengonfirmasi keberangkatannya dari Bandara Juanda, Surabaya, pada 20 April.

Ia juga mengaku sudah mendapatkan kepastian bahwa Selangor memberikan satu tempat bagi Andik saat tim berjulukan Gergasi Merah itu mengarungi putaran kedua Malaysia Super League 2017.

“Insya Allah saya sudah didaftarkan ke operator kompetisi. Pihak manajemen sudah memberitahu jika saya masuk dalam skuat Selangor putaran kedua musim ini. Sebuah kabar gembira yang patut saya syukuri karena Selangor masih memberi kepercayaan pada saya,” tuturnya.

Soal siapa yang akan ia geser, Andik mengaku belum tahu mengenai hal ini. Baginya, yang terpenting ia sudah mendapat jaminan akan tampil bersama tim yang dibelanya tiga musim terakhir ini. Andik pun tak mempersoalkan jika memang ia harus duduk di bangku cadangan lebih dulu.

Ia menyadari butuh waktu beradaptasi dengan tim ini lantaran lama absen akibat cedera. Andik juga belum merasakan tampil bersama tim ini sejak awal musim. Namun ia optimistis tak membutuhkan waktu lama untuk kembali menjadi bagian dari tim inti Selangor. 

“Kalau pun ada yang berbeda, saya pasti bisa beradaptasi dengan cepat. Karena saya tidak sehari dua hari bersama tim ini. Minimal, saya hanya menyesuaikan dengan taktik strategi yang diterapkan sang pelatih,” jelasnya.

Andik sendiri mengakui bahwa persiapannya ke Selangor sudah cukup matang. Karena setelah beristirahat hampir enam bulan lamanya, kondisi kakinya yang sempat dibekap cedera sudah kembali normal. Ia juga berlatih keras untuk memulihkan kondisi fisiknya yang sempat kendur akibat tak berlatih selama menjalani terapi usai operasi.

Andik bahkan merasa jauh lebih bugar dari sebelumnya. Otot-otot di beberapa bagian tubuhnya juga lebih kuat karena ia rutin berlatih fitnes sesuai dengan anjuran sang fisioterapis, Asep Azis. “Fisioterapis saya memberikan banyak tips dan pengetahuan tentang otot bagian mana yang harus diperkuat,” terang pemain kelahiran Jember, 24 November 1991 tersebut.

Andik tak memiliki persiapan khusus menjelang keberangkatannya itu. Ia hanya berlatih normal dan menjaga agar bagian PCL yang sempat sobek tidak kambuh lagi. Latihan pun tak digeber berlebihan oleh Andik karena khawatir kakinya bakal kembali bermasalah.

“Setelah naik meja operasi sampai sekarang tidak pernah kambuh. Tapi saya yang mengantisipasinya,” terang Andik Vermansah.