Selain Essien dan Cole, Persib Kehilangan 4 Pemain Pilar

Oleh Erwin Snaz pada 19 Apr 2017, 10:00 WIB
Michael Essien

Bola.com, Bandung - Pelatih Persib Bandung, Djadjang Nurdjaman tetap yakin dua pemain asingnya, Michael Essien dan Carlton Cole bisa dimainkan saat dijamu PS TNI, dalam lanjutan Liga 1 2017 Sabtu (22/4/2017) nanti di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Menurut Djanur mengurusan masalah Surat Izin Tinggal Sementara (KITAS) tidak akan memakan waktu yang lama. Sang mentor menilai aksi Badan Olahraga Profesional (BOPI) mengadukan kedua pemain ke pihak imigrasi terlalu gegabah.

Secara prinsip Michael Essien dan Carlton Cole bukan pendatang gelap ke Indonesia. Tujuan mereka jelas, yakni bekerja sebagai pesepak bola yang dikontrak resmi oleh Persib.

"Normalnya mengurus KITAS hanya memakan waktu selama sepekan saja. Essien dan Cole bukan warga asing bermasalah, prosesnya akan lancar. Saya tetap punya keyakinan mereka bisa dimainkan akhir pekan ini," ucap Djanur di Mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Selasa (18/4/2017).

Striker Persib Bandung, Carlton Cole, tampak kecewa usai dijatuhkan pemain Arema FC. Penampilan kedua Marquee Player tersebut mendapat tanggapan positif dari pelatih Persib, Djajang Nurdjaman. (Bola.com/M Iqbal Ichsan).

Meski Essien dan Cole sedang terganjal masalah KITAS, pelatih berusia 59 tahun ini mengaku tidak merasa terganggu. Penggawa Persib secara intens terus menempa diri jelang bentrok kontra PS TNI nanti.

"Masalah seperti ini hal biasa. Saya pribadi merasa tidak terganggu, karena sudah ada perwakilan manajemen yang melakukan pengurusan. Fokus saya menggelar latihan menyongsong duel kontra PS TNI," kata Djanur.

Jika Essien dan Cole tetap dilarang main, maka Persib dipastikan kehilangan enam pemain andalannya, pasalnya Febri Hariyadi dan Gian Zola Nasrulloh juga dipastikan tidak bisa memperkuat Maung Bandung lantaran harus gabung ke timnas U-22. Mereka akan bertolak menuju pelatnas timnas pada Rabu (19/4/2017).

Setidaknya mereka tak bisa diutak-atik oleh Tim Pangeran Biru hingga 25 April mendatang.

Di sisi lain, Sergio van Dijk dan Raphael Maitimo masih berkutat dengan masalah kebugaran. Mereka diragukan bisa berlaga di lapangan akhir pekan nanti.

Sergio sendiri sudah mulai berlatih secara terpisah. Namun, Djadjang Nurdjaman belum berani memastikan bomber bernomor punggung 9 itu diturunkan saat lawan PS TNI.

"Maitimo pun sampai saat ini belum gabung latihan. Lihat saja nanti bagaimana kondisi fisik yang bersangkutan. Pastinya ia sudah beberapa hari tidak latihan. Saya pun ingin menurunkan pemain yang betul-betul siap," ucap Djanur.

Mengenai pengganti Febri dan Zola, Djadjang Nurdjaman akan mencoba menurunkan pemain muda lainnya Ahmad Subagja Bashit dan Agung Mulyadi.