Manajer Persib dan Asprov Jabar Ziarah ke Makam Pendiri PSSI

Oleh Erwin Snaz pada 19 Apr 2017, 14:55 WIB
Pendiri PSSI Ir Soeratin

Bola.com, Bandung - Manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar dan Wakil Ketua Asprov PSSI Jawa Barat, Aji Sugiyat beserta jajarannya melakukan ziarah ke makam pendiri PSSI, Alm. Ir. Soeratin dan makam Ketua Asprov PSSI Jabar yang pertama, R. Ibrahim Iskandar, Rabu (19/4/2017) di TPU Sirnaraga, Bandung dalam rangka HUT PSSI yang ke 87.

Ziarah tersebut menurut Umuh untuk mengingatkan jasa para almarhum yang telah berjuang mendirikan PSSI sebagai induk tertinggi cabang olahraga sepak bola.

"Hari ini merupakan ulang tahun PSSI, tentu semua ingat para pahlawan sepak bola Jabar. Semoga ke depan sepak bola Jabar lebih baik lagi, khususnya Persib, walaupun sekarang banyak gangguan," tegas Umuh.

Umuh pun berharap para penerus bisa mengharumkan nama PSSI dan Asprov PSSI Jabar dan tentunya mempertahankan Persib tetap eksis. "Para pengurusnya pasti suatu saat akan hilang tapi Asprov dan Persib tidak boleh hilang, justru harus semakin harum. Jadi semua teringat dengan jasa-jasa semua yang mendahului," ucap Umuh.

Persepakbolaan Indonesia kata Umuh kini mulai bangkit, apalagi Presiden RI Joko Widodo sangat perhatian karena orang nomor satu di Indonesia itu sudah paham betul bahwa sepak bola banyak diminati dan hiburan masyarakat Indonesia. "Karena itu jangan sampai dirusak dan hancur," tegas Umuh lagi.

Sementara Wakil Ketua Asprov PSSI Jabar, Aji Sugiyat mengatakan Asprov sebagai kepanjangan tangan pengembangan dari olahraga sepak bola yang digagas Soeratin pada 87 tahun yang lalu tentu bertanggung jawab untuk memajukan persepakbolaan Jabar maju ke kancah nasional.

"Kami ziarah ke makam Ir Soeratin dan Ibrahim Iskandar memaknai bahwa kami pun akan berpulang kepada Allah SWT, dalam batasan kehidupan kami, tentunya kami harus berusaha semaksimal mungkin mengembangkan sepak bola, seperti yang dicita-citakan para almarhum ini," ujar Aji.