Alasan Bhayangkara FC Gantung Nasib Jhonatan Bernardo Mariano

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 21 Apr 2017, 07:15 WIB

Bola.com, Bekasi - Bhayangkara FC belum mendaftarkan striker asal Brasil yang 'dicuri' dari Persija Jakarta, Jhonatan Bernardo Mariano, untuk Liga 1 2017. Asisten Manajer Bhayangkara FC, Sumadji, mengaku nasib Jhonatan akan tergantung kepada Otavio Dutra.

Jhonatan Bernardo Mariano tampak duduk di bangku cadangan sendirian saat para pemain Bhayangkara FC melakukan pemanasan jelang pertandingan kontra Perseru Serui di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Kamis (20/4/2017).

Pemain asal Brasil itu pun mengaku dirinya tidak tahu apakah sudah didaftarkan oleh timnya mengingat sudah ada Otavio Dutra dan Thiago Furtuoso sebagai dua pemain asing non-Asia yang bermain untuk Bhayangkara FC.

Jhonatan pun mengakui bahwa ketidakjelasan nasibnya di Bhayangkara ada kaitannya dengan urusan paspor Otavio Dutra. Ya bek asal Brasil itu memang tengah mengurus pergantian kewarganegaraan untuk menjadi Warga Negara Indonesia.

Alasan itu pun diakui Asisten Bhayangkara FC, Sumadji, sebagai penyebab Jhonatan belum didaftarkan kepada PT Liga Indonesia Baru untuk Liga 1 2017.

Selain itu, Thiago Furtuoso yang sempat mengalami cedera kini sudah pulih lebih cepat. Jhonatan yang awalnya direkrut untuk menggantikan posisi Thiago pun harus gigit jari lantaran Bhayangkara FC masih memprioritaskan Thiago lantaran sudah memiliki pengalaman bersama klub tersebut di musim lalu, bahkan menjadi pencetak gol terbanyak klub tersebut.

"Ya karena kami masih menunggu urusan naturalisasi Otavio Dutra yang belum selesai. Kami belum bisa mendaftarkan Jhonatan karena kami telah memilih Thiago yang sudah dua musim bermain di sini dan cukup mengenal gaya permainan kami," ujar Sumadji saat ditemui di Stadion Patriot.

Namun, Bhayangkara FC belum berpikir untuk melepas Jhonatan. Sumadji menekankan bahwa pemain asal Brasil itu sudah dalam ikatan kontrak dan masih punya peluang untuk didaftarkan sebagai pemain asing begitu urusan naturalisasi Otavio Dutra selesai.

"Insha Allah jika proses naturalisasi Otavio Dutra selesai kami akan langsung segera mendaftarkan Jhonatan. Kami memang belum tahu kapan proses itu akan selesai karena kami sendiri mengikuti semua proses itu sesuai aturan yang ada," ujarnya.

Jhonatan pun kemudian naik ke tribun VIP Stadion Patriot Candrabhaga dan menyaksikan pertandingan antara Bhayangkara FC dan Perseru Serui, yang berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk kemenangan tim tuan rumah, dari tribun penonton.

Pemain asal Brasil itu bergabung dengan Bhayangkara FC dengan cukup mengejutkan. Sebelumnya Jhonatan diproyeksi akan segera diberikan kontrak oleh Persija Jakarta setelah tampil cemerlang di Piala Presiden 2017.

Namun, pemain asal Brasil itu tampaknya tidak sabar dan langsung menerima pinangan Bhayangkara FC yang saat itu mencari pengganti Thiago Furtuoso yang mengalami cedera.