Belanda Connection Membuat Marc Klok Mudah Beradaptasi di PSM

Oleh Abdi Satria pada 21 Apr 2017, 05:15 WIB

Bola.com, Makassar - Bagi Marc Anthony Klok, PSM Makassar adalah klub pertamanya di Liga negara Asia. Dia pun berharap membela Juku Eja bisa jadi pilihan terbaik buat kariernya.

Kepada sejumlah awak media Makassar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin, Kamis (20/4) petang, Marc mengungkapkan asa membawa PSM Makassar juara Liga 1 2017. "Saya tahu PSM adalah klub besar yang punya tradisi juara. Saya berulangtahun ke-24 hari ini. Pada hari yang spesial ini saya berdoa bisa mengembalikan kejayaan PSM," ujar Marc.

Marc mengaku dirinya bisa beradaptasi dengan cuaca dan karakter tim PSM yang mengandalkan permainan cepat dan keras. Gelandang asal berdarah Belanda ini pun berharap bisa tampil saat dijamu Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Senin (24/4/2017).

"Saya banyak berdiskusi dengan Wiljan Pluim dan coach Robert Alberts soal permainan tim. Mereka banyak membantu saya selama di PSM," jelas Marc yang sebelumnnya membela Dundee FC (Skotlandia) ini.

Keinginan Marc untuk tampil perdana bersama PSM kemungkinan besar terwujud saat tampil di Tenggarong. Pasalnya, nama Marc masuk dalam daftar 20 pemain yang berangkat ke Tenggarong, Sabtu (22/4/2017).

Apalagi, PSM belum bisa memainkan Rasyid Bakri yang masih bergelut dengan cedera. Begitu pun dengan Asnawi Mangkualam yang mengikuti latihan timnas U-22.

Sebenarnya, Marc nyaris diturunkan saat PSM menekuk Persela Lamongan, Minggu (16/4/2017). Tapi, dia urung tampil karena pergantian pemain Juku Eja sudah habis.

Saat itu, Robert akan memasukkan Marc pada pergantian pemain ke-4. Tapi, regulasi Liga 1 2017 hanya membolehkan setiap tim memasukkan tiga pemain senior. Hal itulah yang sempat dipertanyakan Robert pada jumpa media usai pertandingan.

"Setahu saya setiap pemain boleh melakukan pergantian lima pemain tanpa batas usia. Ternyata hanya boleh tiga pemain senior dan dua dari U-23," kata Robert Alberts.