Sukses


Malaysia Baru Bentuk Timnas U-22 pada Akhir Mei 2017

Bola.com, Kuala Lumpur - Berbeda dengan Indonesia yang sudah memulai persiapan sejak beberapa bulan lalu, Malaysia di bawah Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) baru mempersiapkan timnas Malaysia U-22 proyeksi kualifikasi Piala AFC U-23 2018 dan SEA Games 2017 pada akhir Mei 2017.

Hal ini tidak lepas dari perubahan pelatih dalam timnas U-22, dari pelatih Frank Bernhardt ke Ong Kim Swee pada pekan terakhir Maret 2017 menyusul terpilihnya Tunku Ismail Sultan Ibrahim sebagai Presiden FAM yang baru.

Semula Frank Bernhardt sudah membentuk tim sejak 2016 termasuk membawa pasukannya ke Dubai Cup 2017 untuk beruji coba pada bulan lalu. Namun, saat timnas Malaysia U-22 tampil di ajang itu, posisi Frank Bernhardt diganti Ong Kim Swee.

Ong Kim Swee, yang turun pangkat karena semula menjabat pelatih timnas senior, ingin membentuk tim dengan pemain pilihannya. Namun, ia sempat kesulitan merencanakan pemusatan latihan lantaran penolakan klub mengirim pemain. Klub berkilah tenaga mereka dibutuhkan karena kompetisi sedang berjalan.

Kabar terbaru seperti dilansir dari Berita Harian, Jumat (21/4/2017) malam, Ong Kim Swee dijadwalkan mulai membentuk tim pada akhir Mei 2017 dengan memanggil 25-30 pemain.

"Seperti diketahui, agenda saya mengadakan latihan pertama kali selepas saya mengambil alih (jabatan pelatih timnas U-22) dijadwalkan pada bulan puasa ini," ujar Kim Swee.

"Seperti penegasan Tunku Presiden, kami perlu melihat kemampuan federasi dan jika tidak bisa menggelar pemusatan latihan di luar negeri dan hanya di dalam negeri saja, saya rasa itu bukan isu besar untuk persiapan timnas U-22," lanjutnya.

Pada pemusatan latihan tahap pertama, Ong Kim Swee akan menilai 25-30 pemain dengan cermat dan menyusutkan skuat hingga jadi 23 pemain yang akan dibawa ke kualifikasi Piala AFC U-23 2018 di Bangkok, Thailand, 19-23 Juli 2017.

Sebelum ini Ong Kim Swee merancang untuk membawa pasukannya berlatih di Australia, namun FAM memberi masukan agar pemusatan latihan digelar di dalam negeri saja. 

Meski begitu, Tunku Ismail Sultan Ibrahim menjanjikan Ong Kim Swee dan anak asuhannya tetap bisa mengasah kemampuan di luar negeri, khususnya di China, dengan menggelar pemusatan latihan di Negeri Tirai Bambu itu sebelum terjun dalam dua kejuaraan besar, kualifikasi Piala AFC U-23 serta SEA Games 2017.

Di kualifikasi Piala AFC U-23 2018, timnas Malaysia merupakan pesaing Timnas Indonesia U-22 karena kedua negara tergabung dalam satu grup, yakni di Grup H bersama tuan rumah Thailand dan juga Mongolia. Sementara di ajang SEA Games, timnas Malaysia U-22 dipastikan jadi musuh kuat Indonesia dalam memperebutkan medali emas.

 

Video Populer

Foto Populer