Sukses


Mengenal Billy Keraf, Si Mungil yang Membuat Kejutan di Persib

Bola.com, Bandung - Persib Bandung mendapat tambahan satu pemain muda yang cukup menarik perhatian di kompetisi Liga 1 2017. Maklum dalam debut pertamanya saat kontra PS TNI (22/4/2017) di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bandung, ia langsung menunjukkan aksi memuaskan. Padahal, baru gabung dengan Maung Bandung.

Fulgensius Billy Paji Keraf. Begitu nama lengkap pemain muda yang lahir dan besar di Jakarta ini. Lalu apa ambisi pemain berdarah Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini gabung Persib? Berikut petikan wawancara Bola.com bersama Billy di mes Persib, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Selasa (25/4/2017).

Halo, Billy apa kabar? Apa ambisi Anda masuk ke Persib?

Baik sekali. Ambisi saya masuk Persib tentunya ingin meningkatkan karir saya di sepak bola. Saya senang bisa masuk ke tim besar ini dan saya berharap selalu bisa memberikan yang terbaik saat dipercaya pelatih.

Siapa yang pertama kali mengajak Anda ke Persib

Yang mengajak pertama saya ke Persib Pak Christliebert dari Nike dan saya diminta ikut trial. Saat itu saya langsung siap dan menunjukkan yang terbaik. Bersyukur saya akhirnya bisa ke Persib.

Bagaimana perasaan Anda ketika mendengar pertama kali bisa masuk Persib?

Senang sekali. Ini awal karir saya sebagai pemain profesional. Makanya saya akan selalu kerja keras tunjukin yang tebaik di setiap pertandingan.

Apa yang ada dalam pikiran Anda ketika mendengar kata Persib?

Persib itu tim besar di Indonesia, apalagi suporternya sangat antusias. Jadi saya tidak boleh malu-maluin kalau dipercaya main.

Ketika Anda lansung dimainkan ada perasaan ragu atau bagaimana?

Langsung optimistis, kalau ragu pasti tidak akan benar. Saya mencoba menunjukkan kemampuan saya walaupun tidak lama tapi saya berterimakasih kepada pelatih Pak Djadjang yang telah memberikan kepercayaan kepada saya.

Bagaimana perasaannya ketika bermain dengan pemain-pemain bintang Persib?

Pada awalnya agak gugup juga gabung latihan karena mereka pemain yang sudah profesional, tapi ternyata mereka menyambut dengan hangat. Jadi saya senang, apalagi awal latihan rekan di tim memberi suport supaya saya main bagus. Semua pemain di Persib tidak ada yang cuek, jadi saya tidak canggung.

2 dari 2 halaman

Dari Ibu Kota

Anda besar di Jakarta tentunya tahu panasnya suporter di kedua kota ini. Bagaimana?

Tentunya profesional saja main di sini dengan bagus. Tidak ada rasa ragu. Tujuan saya ingin mengembangkan karier. Apalagi ini karier profesional pertama saya. Puji Tuhan bisa masuk ke tim yang besar dan mendapat kontrak satu musim.

Siapa yang pertama Anda hubungi ketika resmi gabung Persib?

Yang pasti kedua orang tua saya. Mereka senang ketika mendengar saya masuk Persib. Mereka berpesan agar memberi yang terbaik. Mereka juga mengantar saya ke Sentul untuk gabung Persib. Padahal awalnya kami mau menonton bareng di rumah, tapi manajemen Persib minta saya menyusul ke Bogor dan saya senang sekali. Eh, ternyata masuk line up walaupun mainnya tidak sampai habis.

Sejak kapan serius menggeluti sepak bola?

Sejak kecil saya sudah senang main sepak bola, seperti Danone dan lainnnya. Umur 13 tahun sampai 16 tahun saya gabung Mitra Pespex, umur 17-19 ke Asiop, dan sekarang masuk Persib.

Apa target anda masuk Persib?

Berguna buat tim saja dan pastinya saya ingin cetak gol juga. Semoga saya bisa mencetak gol di setiap pertandingan jika dimainkan.

Arti nomor punggung 20 buat anda?

Tidak ada arti apa-apa, yang pasti saya memilih nomor punggung 20 ini karena saya mengawali masuk tim profesional ini saat usia saya 20 tahun.

Saat dipercaya main lawan PS TNI, anda terlihat bagus, padahal debut pertama. Apa kuncinya?

Saya bermain lepas saja, tidak ada rasa beban tapi dibawa enjoy saja, karena kalau main dibebani permainan jadi tidak akan bagus. Semoga kami semua bisa membawa kemenangan di setiap pertandingan. Mudah-mudahan.

Data diri:
Nama: Felgensius Billy Paji Keraf
Panggilan: Billy
TTL: Jakarta, 8 Mei 1997
Orang Tua: Sipriyanus Ramatama Keray (ayah) - Katharina Gendi (ibu)
Tinggi: 160
Berat: 55
Hobi: sepak bola, bulutangkis, dan tenis meja
Klub favorit: Persib dan Barcelona
Pemain Favorit: Lionel Messi, Atep, dan Boas Sollosa.

Video Populer

Foto Populer