Sukses


Pukulan Abduh Lestaluhu Coreng Kemenangan PS TNI

Bola.com, Bekasi - PS TNI berhasil meraih kemenangan tipis 2-1 atas Bhayangkara FC dalam pertandingan pekan ketiga Liga 1 2017 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Sabtu (29/4/2017). Namun, kemenangan PS TNI tercoreng karena perilaku tidak terpuji yang dilakukan bek kiri PS TNI, Abduh Lestaluhu.

Dalam situasi sudah unggul 2-1 dengan hanya diperkuat 10 pemain pasca kartu merah Manahati Lestusen di awal babak kedua, PS TNI sebenarnya bisa mengakhiri pertandingan sarat emosi itu dengan baik. Namun, pada masa injury time, Abduh Lestaluhu melakukan tindakan tidak terpuji dengan memukul Thiago Furtuoso.

Peristiwa tersebut diawali dengan perebutan bola di antara kedua pemain. Thiago, yang berada di depan Abduh mencoba untuk mempertahankan bola sembari memunggungi bek PS TNI itu. Tidak lama, Thiago tampak tak bisa mempertahankan keseimbangan tubuhnya dan terjatuh, dan saat itulah Abduh berlaku tidak sportif.

Abduh melayangkan pukulan kepada Thiago yang tengah terjatuh. Peristiwa tersebut terjadi tepat di depan wasit Aprisman Aranda yang memimpin pertandingan. Abduh langsung mendapat kartu merah di ujung pertandingan tersebut. Meski PS TNI akhirnya menang, peristiwa tersebut jelas mencoreng tiga poin yang diraih PS TNI di kandang Bhayangkara FC.

Perbuatan tidak terpuji itu mendapatkan tanggapan negatif dari netizen. Tidak sedikit yang mengingat bagaimana Abduh juga pernah mendapat kartu merah di final Piala AFF 2016 lantaran tindakan tidak sportifnya kepada ofisial dan pemain cadangan Timnas Thailand.

Namun, jika Abduh Lestaluhu mendapatkan pembelaan dari netizen seantero Indonesia saat final Piala AFF 2016, tidak untuk kali ini. Pemain berusia 23 tahun itu kini justru mendapatkan kecaman.

Bahkan ada pula netizen yang berharap Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, yang juga merupakan Pangkostrad TNI AD, bisa berlaku adil termasuk kepada salah satu anggota instansinya ini.

"Keras, hukumannya tegas. Siapa saja yang memukul wasit dan sejenisnya akan dihukum seumur hidup dan tidak boleh terlibat di dunia sepak bola. Silakan saja kalau mau coba-coba," ujar Edy Rahmayadi di awal masa kepengurusannya ketika turnamen Piala Presiden 2017 akan digelar.

Abduh Lestaluhu bisa jadi terancam larangan bermain seumur hidup karena perbuatannya kali ini. Tayangan ulang pertandingan Bhayangkara FC kontra PS TNI, yang dengan jelas memperlihatkan bagaimana insiden pemukulan Abduh Lestaluhu terhadap Thiago Cunha, bisa menjadi bukti tegas yang bakal membuat karier Sersan Dua TNI AD itu di dunia sepak bola bisa berakhir lebih dini.

 

Video Populer

Foto Populer