Sukses


Indriyanto Nugroho Dukung PSSI soal Regulasi Pemain Muda

Bola.com, Jakarta - Regulasi memainkan tiga pemain muda U-23 selama minimal 45 menit di Liga 1 2017 mendapatkan dukungan dari mantan striker Timnas Indonesia yang pernah mengenyam program latihan Primavera, Indriyanto Nugroho.

Menurut mantan pemain yang kini menjadi pelatih sepak bola level grassroot itu para pemain muda justru harus diberikan lebih banyak waktu untuk bermain.

"Ini (regulasi) adalah sebuah terobosan yang bagus buat sepak bola Indonesia. Dengan adanya regulasi ini membuat pesepak bola muda kita lebih berkembang," ujar Indriyanto kepada Bola.com pada sela-sela Bintang Bola Anniversary yang digelar di Hanggar Futsal Pancoran, Jakarta, Sabtu (29/4/2017).

Regulasi pemain muda yang digagas PSSI terkait dengan pembentukan Timnas Indonesia adalah kewajiban setiap klub Liga 1 2017 untuk memiliki lima pemain U-23 dan memainkan tiga di antaranya dalam setiap pertandingan.

Mantan pemain Timnas Indonesia Primavera itu merasa pembatasan minimal bermain selama 45 menit tak diperlukan. Ia yakin sepak bola Indonesia ingin lebih baik setiap klub harus memiliki kesadaran untuk memberikan kesempatan kepada pemain muda agar bisa mendapatkan waktu bermain yang lebih banyak.

"Bagi saya sebagai mantan pemain sepak bola, seharusnya tak perlu diberikan waktu 45 menit seperti itu. Biarkan mereka bermain dan berkembang, dari sana mereka akan mampu mengeluarkan kemampuan mereka secara lepas. Menurut saya 45 menit belum cukup. Kalau ingin melihat timnas bermain bagus dengan pemain-pemain bagus, berikan pemain muda itu kesempatan bermain hingga 60 atau 70 menit," ujarnya.

Indriyanto Nugroho adalah mantan striker Timnas Indonesia yang pernah mendapatkan kesempatan mengikuti program primavera di Italia. 

Kini ia menyalurkan ilmu dan pengalaman yang pernah didapatkannya dengan mencurahkan perhatian kepada sepak bola level grassroot dengan menjadi pelatih SSB Kabo Mania Bogor dan membantu sebuah klub dari Cilegon untuk mempersiapkan diri menghadapi Liga 3.

Video Populer

Foto Populer