Sukses


Prediksi PS TNI vs PSM: Menjaga Status Tak Terkalahkan

Bola.com, Cibinong - Dua tim yang sama-sama belum pernah mengalami kekalahan di Liga 1 2017, PS TNI dan PSM Makassar, bersua di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Senin (15/5/2017). Kali ini, PS TNI berstatus sebagai tuan rumah.

Meski begitu, bukan berarti PS TNI bakal dengan enteng mempertahankan prestasi itu mengingat PSM saat ini merupakan pemuncak klasemen sementara.

Apalagi, PS TNI tampil setidaknya tanpa dua pemain inti, yakni Abduh Lestaluhu yang masih menjalani hukuman dari Komdis PSSI serta Hong Soon-hak yang mengalami cedera.

"Pertandingan melawan PSM bakal berjalan berat bagi kami karena mereka pemuncak klasemen. Tapi, kami sudah siap untuk menghadapi mereka ditunjang kondisi pemain yang sangat bagus," ujar Ivan Kolev, pelatih PS TNI.

Perihal absennya pemain pilar, pelatih asal Bulgaria itu memastikan bila hal itu tidak akan memengaruhi kekuatan timnya. "Ya, saya akui Soon-hak itu pemain penting bagi tim kami. Tapi, jika dia absen, kami tidak khawatir karena masih memiliki pemain lainnya yang sama kualitas bagus dan siap bermain," kata Ivan Kolev.

Belum pernah kalah bukan lantas membuat kubu PS TNI jemawa. Ivan Kolev justru merendah dengan berujar saat ini ia masih dalam tahap mencermati pemainnya.

"Saya masih dalam tahap adaptasi dengan tim ini. Saya belum mengetahui secara penuh kemampuan masing-masing pemain. Apalagi persaingan di papan atas semakin ketat," ungkapnya.

Apa yang dilontarkan mantan pelatih Timnas Indonesia itu tidak salah. Faktanya, ada tiga klub yang belum pernah ternoda kekalahan. Selain PSM dan PS TNI, ada juga Persib. Belum lagi Arema, Persipura Jayapura, maupun Sriwijaya FC yang terus menempel dengan ketat.

Misi PSM

PSM, yang saat ini jadi pemimpin klasemen, menegaskan bila mereka datang ke Stadion Pakansari dengan misi tetap berkuasa di klasemen Liga 1 2017. Itulah mengapa tim Juku Eja membidik tiga poin. 

"Bertahan di papan atas sejak awal Liga 1 2017 adalah momentum positif yang harus dijaga. Salah satu caranya adalah mengalahkan PS TNI," tegas Munafri Arifuddin, CEO PSM kepada Bola.com.

Menghadapi PS TNI, Robert Alberts, pelatih PSM, tetap memercayakan materi pemain yang sukses memetik dua kemenangan beruntun yakni menekuk Perseru Serui 2-1 (4/5/2017) dan Arema FC 1-0 (10/5/2017).

Hanya Ridwan Tawainella yang tidak masuk daftar karena cedera lutut. Absennya Ridwan, yang bersatus pemain U-23, tidak terlalu dipermasalahkan Robert menyusul kehadiran Asnawi Mangkualam yang kembali bergabung selepas menjalani pemusatan latihan bersama Timnas U-22.

Di lini depan, Robert kemungkinan besar memainkan Reinaldo da Costa sejak awal untuk menggantikan posisi Titus Bonai. Sementara di lini belakang, duet Hamka Kamzah-Steve Paulle kembali jadi palang pintu PSM.

Robert memastikan bila skuatnya termotivasi untuk memberi kekalahan perdana buat PS TNI. "Sebelum ke Bogor, PSM menuai rekor bagus dengan mengalahkan Perseru dan Arema. Sukses ini membuat kepercayaan pemain meninggi," kata Robert.

Pelatih asal Belanda itu menambahkan skuatnya tidak akan terpengaruh dengan permainan keras ala PS TNI. "Dalam sepak bola, benturan keras keras itu biasa. Yang terpenting dilakukan dengan fair dan wasit memimpin dengan adil," ucap Robert.

Prakiraan Susunan Pemain
PS TNI (4-3-3): Teguh Amiruddin; Rinto Ali, Facundo Talin, Ganjar Mukti, Manahati Lestusen; Roni Sugeng Ariyanto, Agil Munawar, Guntur Triaji; Erwin Ramdani, Gustur Cahyo, Elio Bruno Teixeira Martins
Pelatih: Ivan Kolev

PSM Makassar (4-4-2): Rivki Mokodompit; Zulkifli Syukur, Hamka Hamzah, Steven Paulle, Reva Adi Utama; Asnawi Mangkualam, M. Arfan, Marc Klok, Wiljan Pluim; Reinaldo da Costa, M. Rahmat
Pelatih: Robert Alberts

 

Video Populer

Foto Populer