Persib Luncurkan Bus Mewah, Klub Malaysia Punya Bus Antibatu

Oleh Aning Jati pada 16 Mei 2017, 08:15 WIB
Bus Persib Bandung

Bola.com, Jakarta - Keberadaan bus baru Persib Bandung jadi pembicaraan seru tidak hanya di kalangan bobotoh Persib melainkan juga pencinta sepak bola di Tanah Air. Padahal, bus berwarna biru, warna kebesaran tim Maung Bandung, yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern, baru diresmikan penggunaannya pada Jumat (19/5/2017).

Bobotoh bereaksi karena mereka bangga dengan keberadaan bus bermerk Hino itu. Pasalnya, Persib jadi klub pertama di Indonesia yang didukung dengan bus mewah nan modern untuk menunjang aktivitas bepergian tim.

Bus anyar Persib, yang kabarnya berharga setidaknya Rp 1,5 miliar ini, kemungkinan digunakan untuk mengantar-jemput tim menjalani latihan rutin. Juga untuk perjalanan di seputaran Jawa Barat, semisal ke Ciamis atau Tasikmalaya.

Sebenarnya, penggunaan bus-bus keluaran terbaru dengan mengedepankan kenyamanan, dengan fasilitas modern, interior menawan, dan desain luar menarik, bukan hal baru buat klub-klub sepak bola di mancanegara. Terlebih bila klub itu maju layaknya klub-klub di Eropa.

Bahkan bus-bus itu juga bisa jadi simbol kemapanan finansial sebuah klub dan menjadikan persaingan tersendiri. Semakin keren, tentu semakin membanggakan.

Di liga negara tetangga, Malaysia, keberadaan bus mewah nan cantik, juga sudah tidak asing lagi. Markas klub satu sama lain, yang bisa diakses menggunakan jalur darat, menjadi salah satu alasan mengapa klub-klub di Malaysia seakan berlomba memoles bus tim jadi yang paling menarik dan tentu saja aman untuk mengantar tim menjalani partai tandang atau sekadar mengantar ke tempat latihan rutin.

1 of 2

Bus Unik Milik JDT

Bus Johor Darul Ta'zim
JDT Batu Bus milik klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim, yang diklaim anti lemparan batu. (Bola.com/Dok. Johor Darul Ta'zim)

Klub-klub peserta Malaysia Super League, semisal Melaka United, Penang FA, dan Kelantan FA jadi contoh klub yang pergerakannya ditunjang bus modern.

Namun, di antara bus-bus yang dimiliki klub di Negeri Jiran itu, ada satu bus yang cukup menarik. Bus itu dimiliki klub elite, Johor Darul Ta'zim.

Bus ini memiliki tampilan berbeda dengan bus lainnya, karena di bagian luar, tampak kaca-kaca di seluruh tubuh bus dilindungi semacam jeruji. Bus itu diklaim sebagai bus anti lemparan batu. Namanya, JDT Batu Bus.

JDT Batu Bus milik klub Malaysia, Johor Darul Ta'zim, yang diklaim anti lemparan batu. (Bola.com/Dok. Johor Darul Ta'zim)

Ide bus ini sudah muncul sejak 2015. Ketika itu, Johor Darul Ta'zim kerap pulang seusai menjalani laga tandang dengan kondisi kaca bus pecah atau retak akibat lemparan batu fans tim lawan. Namun, dengan desain bus menggunakan jeruji ini, bus maupun para penumpang dalam bus bakal lebih aman dari aksi pelemparan batu.

Lantaran tujuan penggunaan yang spesifik, manajamen Johor Darul Ta'zim hanya mempergunakan bus ini untuk menjalani laga tandang dengan rute perjalanan yang dianggap berisiko tinggi, semisal melewati lokasi basis kelompok suporter lawan yang memang jadi seteru.

Bus semacam ini bisa jadi cocok digunakan di Indonesia. Pasalnya, kompetisi di Tanah Air juga tidak lepas dengan insiden pelemparan bus salah satu tim oleh suporter lawan. Seperti yang dialami kubu Semen Padang selepas melawan Persegres Gresik United di Stadion Tridarma Petrokimia, Gresik, 21 April 2017.

Dalam perjalanan pulang menuju hotel, bus yang ditumpangi tim Kabau Sirah dilempari batu oleh oknum suporter tim tuan rumah hingga mengakibatkan Riko Simanjuntak mengalami luka di bagian kepala. 

Lanjutkan Membaca ↓
jo sunarjojo sunarjo

Bus mewah dan modern tsb alangkah baiknya juga difasilitasi oleh anti lemparan batu seperti Bus Malaysia, sehingga bila Persib tandang ke Stadion GBK Jakarta para pemain dan ofisial aman dari kekhawatiran ada kerusuhan, karena dari Bandung ke Jakarta tidak mungkin menggunakan pesawat. Dari Bobotoh..

nugrohoanung9nugrohoanung9

naah harusnnya bus club indonesia juga mengadopsi sama kaya gini klo perlu anti bom wkwkwkwk

Rizwan M. YasirRizwan M. Yasir

Bus JDT seperti bus tahanan di indonesia... hihihihihi