Musuh Indonesia di Kualifikasi Piala AFC U-23 Tempa Tim di China

Oleh Aning Jati pada 17 Mei 2017, 06:45 WIB
Ong Kim Swee

Bola.com, Kuala Lumpur - Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) mengumumkan telah menjadwalkan tiga partai uji coba untuk timnas Malaysia U-22 pada bulan Juni 2017. Tiga pertandingan uji coba itu dimainkan di China lantaran bersamaan dengan pemusatan latihan yang digelar di Negara Tirai Bambu itu.

Seperti dilansir dari Berita Harian, Selasa (16/5/2017), timnas Malaysia U-22 proyeksi kualifikasi Piala AFC U-23 2018 serta SEA Games 2017 ini akan menghadapi tim lokal China di Yunan dan Guangzhou.

Namun, sejauh ini belum ada kepastian nama klub yang akan dijajal skuat asuhan pelatih Ong Kim Swee itu, termasuk tanggal pelaksanaan uji coba.

Manajer timnas Malaysia, Datuk Wira Mohd Yusoff Mahadi, mengungkapkan bila rencana pemusatan latihan dan uji coba di China dijalani kira-kira setelah seminggu masa pemusatan latihan di Kuala Lumpur.

Bila mengacu pada rencana awal, pemusatan latihan di bawah arahan Ong Kim Swee itu digelar pada akhir Mei ini dan jadi kali pertama sejak pelatih 46 tahun itu turun jabatan jadi pelatih kepala timnas U-22 pada 25 Maret 2017.

Sebelumnya, Ong Kim Swee jadi caretaker pelatih timnas senior sejak September 2015 dan secara resmi menduduki kursi panas pelatih kepala timnas Malaysia senior pada awal 2016.

Mohd Yusoff menjelaskan uji coba di China ini penting bagi tim pelatih sebagai salah satu cara mencermati kemampuan dan kualitas pemainnya sebelum menentukan skuat inti. Uji coba ini juga penting sebagai ujian mental dan fisik pemain.

"Selepas dari China, timnas Malaysia U-22 akan beruji coba lagi dengan klub di Liga Malaysia, tepatnya sebelum libur Lebaran," kata Mohd Yusoff.

Mohd Yusoff mengharapkan dengan empat partai uji coba yang disiapkan, para pemain akan mendapat bekal motivasi tinggi sebelum turun di kualifikasi Piala AFC U-23 2018 dan SEA Games 2017.

Seperti diketahui, timnas Malaysia U-22 bakal jadi lawan Indonesia di kualifikasi Piala AFC U-23 2018 yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand, 19-23 Juli 2017. Kedua negara serumpun ini tergabung di Grup H bersama tuan rumah Thailand dan juga Mongolia.

Timnas Malaysia U-22 bisa juga bakal jadi musuh Indonesia di ajang SEA Games 2017 bila undian untuk fase penyisihan grup mempertemukan kedua tim dalam grup sama. Atau bisa jadi, Indonesia bakal bertemu Malaysia di semifinal atau bahkan final SEA Games 2017.