Timnas Indonesia U-16 Menaklukkan Timnas Pelajar U-15

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 17 Mei 2017, 11:38 WIB
Timnas Indonesia U-16

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-16 meneruskan tren positif dalam laga uji coba yang digelar sebagai persiapan menuju Piala AFF U-15 2017 dan Kualifikasi Piala Asia U-16 2018.

Timnas Indonesia U-16 menang 5-1 atas Timnas Pelajar U-15 yang dibentuk oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI pada uji coba yang dimainkan di Lapangan Atang Sutresna, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (17/5/2017).

Kemenangan ini jadi yang kelima dari lima pertandingan uji coba yang dijalani Timnas Indonesia U-16 hingga sejauh ini.

Lima gol tim asuhan Fachri Husaini dicetak Rendy Juliansyah dan Amiruddin Bagus yang masing-masing mencetak dua gol, plus tambahan satu gol yang diciptakan Mochammad Yudha Febrian.

Meski terus mengalami kemenangan, Fachri Husaini menegaskan daripada kemenangan yang kembali diraih timnya, empat aspek penting peningkatan tim menjadi sorotan yang lebih dicermati.

"Hasil pertandingan ini penting, tapi bukan tujuan utama. Saya melihat empat aspek, yaitu fisik, mental, teknik, dan taktik. Kami tak ingin hanya bisa menang, tapi tim ini bisa meningkat," ujar Fachri seusai uji coba kontra Timnas Pelajar U-15.

Fachri juga menjadikan uji coba yang sudah dijalani sebagai pelajaran penting untuk anak-anak asuhnya dalam menghadapi pemain yang lebih kuat.

"Dalam lima laga uji coba, kami juga menghadapi tim yang usianya lebih tua. Kemenangan yang kami raih tidak mudah karena mereka memberikan tekanan. Kelima laga itu jadi pelajaran penting bagi kami, terutama dalam hal bertahan dan transisi permainan. Tetap masih banyak yang harus dibenahi," lanjut pelatih asal Aceh itu.

Selama ini, Timnas Indonesia U-16 memang lebih sering menghadapi lawan yang memiliki komposisi pemain dengan rata-rata usia dua tahun lebih tua dibandingkan Rendy Juliansyah dkk.

Setelah ini Timnas Indonesia U-16 kembali beruji coba, namun lokasi pertandingan tidak di Jakarta melainkan di Sleman, DIY. Amiruddin Bagus cs. akan beruji coba melawan PSS Sleman U-17 dan timnas Filipina U-16 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Minggu (21/5/2017).