Persija Terus Mengasah Penyelesaian Akhir

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 18 Mei 2017, 05:15 WIB
Persija Jakarta

Bola.com, Jakarta - Persija Jakarta terus melatih penyelesaian akhir setelah ketidakberuntungan menjadi alasan kegagalan Persija meraih kemenangan dalam lima pertandingan terakhir.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco, terus memberikan menu penyelesaian terakhir pada akhir sesi latihan seperti yang dipantau Bola.com, Rabu (17/5/2017) sore, di Lapangan Sutasoma, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Seperti disebutkan Gede Widiade dan Stefano Teco setelah Persija bertanding dalam beberapa pertandingan terakhir, unsur ketidakberuntungan jadi alasan kegagalan tim berjulukan Macan Kemayoran itu meraih kemenangan.

Dalam pertandingan kontra PSM Makassar dan Madura United, Gede Widiade menyebut permainan para pemain Persija sudah sangat baik, tetapi bola tetap tidak bisa memasuki gawang lawan.

Stefano Teco lantas menerapkan menu penyelesaian akhir menjadi menu latihan yang lebih reguler dalam sesi latihan Persija. Bola.com memantau Teco memberikan menu penyelesaian akhir kepada semua pemain dengan dua tipe latihan berbeda.

Para pemain depan dan gelandang Persija mendapatkan menu latihan penyelesaian akhir dengan mengambil bola membelakangi gawang dan langsung menembak bola setelah berbalik badan. Sementara pemain belakang Persija mendapatkan menu untuk situasi sepak pojok dan menyambut tendangan bebas dari sisi sayap.

Stefano Teco menyebut dua metode latihan penyelesaian akhir ini jadi salah satu solusi untuk membiasakan pemain agar memiliki penyelesaian akhir yang lebih baik. Pelatih asal Brasil ini menekankan semua pemain Persija harus memiliki penyelesaian akhir sesuai cara yang bisa dilakukan masing-masing.

"Kami harus mengevaluasi masalah penyelesaian akhir karena Persija belum banyak mencetak gol di kompetisi ini. Kami ingin membantu para pemain untuk bisa mencetak gol lebih banyak dalam pertandingan. Hal itu harus benar-benar fokus dilakukan dalam pertandingan," ujar Teco.

"Bagi saya yang penting para pemain depan harus bisa mencetak gol dan menyelesaikan sejumlah peluang. Tapi, tak hanya mereka. Pemain tengah dan pemain belakang juga harus menguasai penyelesaian akhir ketika ikut menyerang dalam situasi bola mati. Setiap momen untuk menyelesaikan peluang harus benar-benar kami manfaatkan," lanjut sang pelatih.

Persija saat ini berada di posisi ke-15 dari 18 tim di klasemen Liga 1 2017 dengan lima poin dari enam pertandingan. Dalam enam pertandingan tersebut, tim Macan Kemayoran itu baru mencetak empat gol dan kebobolan lima gol.