Lawan Indonesia di Turnamen Toulon Diperkuat Bintang Muda Chelsea

Oleh Aning Jati pada 18 Mei 2017, 17:45 WIB
Ruben Sammut

Bola.com, Jakarta - Salah satu pesaing Indonesia di turnamen Toulon 2017, Skotlandia, sudah merilis pemain yang akan berlaga dalam turnamen itu. Sesuai daftar pemain yang diunggah di situs resmi turnamen, timnas Skotlandia U-20 diperkuat empat striker, tujuh gelandang, enam bek, dan dua kiper.

Dari ke-19 pemain dalam daftar itu, ada satu pemain yang menonjol. Dia adalah Ruben Sammut, yang bermain di Chelsea. Tidak sembarang pemain karena Ruben Sammut termasuk salah satu bintang muda klub London Barat itu. 

Ruben Sammut bergabung bersama The Blues sejak 2004 di Chelsea U-8. Ia ditempa dalam berbagai kelompok usia semenjak itu dan kini menunggu peluang bermain di tim pertama The Blues.

Sembari menunggu kesempatan itu datang, pemain kelahiran 26 September 1997 itu mencatatkan beberapa prestasi bersama tim muda Chelsea. Semisal menjuarai FA Youth Cup 2013-2014, UEFA Youth League dan FA Youth Cup pada musim 2014-2015 serta 2015-2016 secara beruntun. Ia jadi kapten Chelsea U-18 ketika merebut prestasi itu.

Gelandang yang dikenal punya jiwa kepemimpinan tinggi itu bersama rekan-rekannya tidak jarang berlatih bersama tim pertama. Berlatih bersama pemain bintang The Blues, seperti John Terry, Eden Hazard, dan Diego Costa di era Jose Mourinho maupun Guus Hiddink, diakui Sammut sangat memberinya pengaruh positif dalam mengembangkan kemampuannya.

"Saya berlatih bersama John Terry. Dia selalu memberikan 100 persen dan salah satu pelatih terbaik yang pernah saya lihat. Dia sangat bagus dengan para pemain muda dan berbincang denganmu setiap saat. Dia salah satu orang teramah yang pernah saya jumpai," tutur Sammut mengenai skipper legenda The Blues itu seperti dikutip dari Herald Scotland.

1 of 2

Jago Bahasa Mandarin

Ruben Sammut
Pemain andalan timnas Skotlandia U-20 di turnamen Toulon yang jago berbahasa Mandarin. (Bola.com/Twitter)

Meski lahir dan dibesarkan di Inggris, Ruben Sammut lebih memilih membela Skotlandia lantaran sang nenek berasal dari negara itu. Ia jadi salah satu langganan timnas kelompok usia dan di turnamen Toulon 2017, pelatih timnas Skotlandia U-19, Scot Gemmill, tidak bisa tidak untuk memboyongnya ke Prancis.

Ada sisi menarik dari Sammut, yang dianggap sebagai salah satu pemain muda paling berbakat dari sisi teknis di Stamford Bridge, ini. Dia ternyata mahir berbahasa Mandarin, kendati belum pernah sekalipun menginjakkan kakinya di China.

Ruben Sammut juga dikenal sebagai pemain yang menomorsatukan pendidikan. Saat Skotlandia U-19 tampil di kualifikasi Piala Eropa U-19 2015 pada 2014, ia absen membela timnas lantaran memilih mengikuti ujian bahasa Mandarin di sekolahnya.

"Mata pelajaran yang sangat random, tapi sekolah saya sekolah bahasa. Saya menikmatinya meski Mandarin dianggap sebagai salah satu bahasa yang paling sulit dipelajari."

"Memiliki kemampuan menulis dan membaca (Mandarin) itu sangat menantang. Saya belum pernah ke China tapi semoga saja saya akan bisa mendapat kesempatan untuk mempergunakan kemampuan saya ini suatu saat nanti," tuturnya.

Sosok berprestasi di dalam dan luar lapangan ini bakal dihadapi Timnas Indonesia U-19 asuhan pelatih Indra Sjafri dalam Toulon Tournament 2017 mengingat Skotlandia dan Indonesia tergabung dalam satu grup, Grup C. Selain itu ada pula Brasil dan Republik Ceko. 

Meski begitu, tentu saja tidak hanya Ruben Sammut yang harus diwaspadai Timnas Indonesia U-19 melainkan tim lawan secara keseluruhan demi bisa mengharumkan nama Indonesia pada turnamen yang digelar di Prancis, 29 Mei-10 Juni 2017 ini.

Daftar pemain timnas Skotlandia U-20 di Turnamen Toulon 2017:
Kiper: Ross Doohan (Celtic), Jack Ruddy (Wolverhampton Wanderers)
Belakang: Alex Iacovitti (Nottingham Forest), Zak Jules (Reading, on loan to Motherwell), Jamie McCart (Celtic, on loan to Inverness CT), Ross McCrorie (Rangers), Anthony Ralston (Celtic), Greg Taylor (Kilmarnock)
Tengah: Theo Archibald (Brentford), Jordan Holsgrove (Reading), Kyle Magennis (St Mirren), Aidan Nesbitt (Celtic), Ruben Sammut (Chelsea), Joe Thomson (Celtic), Iain Wilson (Kilmarnock)
Depan: Adam Frizzell (Kilmarnock), Ryan Hardie (Rangers), Greg Kiltie (Kilmarnock), Craig Wighton (Dundee)  

 

Lanjutkan Membaca ↓