Tahan Jepang, Timnas Futsal U-20 Lolos ke Perempat Final

Oleh Juprianto Alexander Sianipar pada 19 Mei 2017, 16:32 WIB
Timnas Futsal Indonesia U-20

Bola.com, Bangkok - Timnas Futsal Indonesia U-20 tampil luar biasa saat bermain imbang 3-3 melawan Jepang pada laga terakhir Grup B Piala Asia Futsal U-20 di Hua Mark Indoor Stadium, Bangkok, Jumat (19/5/2017).

Hasil ini membuat Tim Garuda Muda nyaman di puncak klasemen dengan mengoleksi 8 poin dari empat pertandingan. Muhammad Albagir pun dipastikan lolos ke babak perempat final Piala Asia Futsal U-20 karena setiap grup berhak mengirimkan dua wakil ke babak selanjutnya. Dengan hasil ini, Timnas Futsal Indonesia U-20 minimal lolos sebagai runner-up Grup B.

Timnas Futsal Indonesia U-20 unggul lebih dahulu atas Jepang pada menit kelima. Tembakan keras Samuel Eko membobol gawang, Sasa Keisuke sekaligus membawa Tim Garuda Muda unggul 1-0.

Namun, keunggulan itu tidak bertahan lama karena Jepang mampu membalikkan keadaan melalui gol, Yamada Jiei pada menit ke-12 dan Okada Shokei (15'). Skor 2-1 untuk keunggulan Jepang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Memasuki babak kedua tensi pertandingan semakin tinggi. Timnas Futsal Indonesia U-20 mendapat dua peluang melalui Syauqy Saud Lubis dan Andriansyah Runtuboy, tetapi belum bisa membobol gawang lawan.

Jepang justru unggul 3-1 melalui tembakan keras kapten tim, Shimizu Kazuya pada menit ke-34. Tertinggal dua gol membuat pelatih, Yori van der Torren berspekulasi dengan memakai skema power play.

Eksperimen itu berbuah manis bagi Timnas Futsal Indonesia U-20. Tembakan Syauqy dibelokkan, Samuel Eko untuk memperkecil skor menjadi 2-3 pada menit ke-37.

Pada detik terakhir pertandingan, Samuel Eko menjadi penyelamat bagi Timnas Futsal Indonesia U-20 setelah ia dengan cerdik membelokkan tembakan keras, Runtuboy. Skor 3-3 pun bertahan hingga laga berakhir.

Susunan pemain
Jepang: Sasa Keisuke; Ishida Kentaro, Nakamura Mitsuru, Uematsu Koto, Shimizu Kazuya


Indonesia: Muhammad Albagir; Samuel Eko, Aditya Rasyid, Syauqy Saud, Ardiansyah Nur