Sukses


Prediksi PSM Vs Sriwijaya FC: Menjaga Rekor Tak Ternoda

Bola.com, Makassar - Asa Sriwijaya FC untuk mencuri poin di kandang PSM Makassar, Minggu (21/5/2017), dalam lanjutan kompetisi Liga 1 Indonesia 2017 diprediksi sangat berat. Pasalnya, tuan rumah sejauh ini memiliki catatan cukup fantastis bila bermain di depan pendukung sendiri.

Dari tiga pertandingan yang sudah dimainkan sejauh ini, PSM tidak pernah kehilangan poin dan meraup poin sempurna. Bahkan pada tiga laga tersebut, gawang tim Juku Eja hanya sekali dibobol oleh penyerang tim tamu, yakni di partai pertama saat bertemu Persela Lamongan (16/4/2017).

Setelah itu, dua tamu berikutnya yaitu Persija Jakarta (30/4/2017) dan Arema FC (10/5/2017) dipaksa pulang dengan tangan hampa, tanpa diberi kesempatan mencetak satu gol pun.

"Salah satu cara jadi juara adalah meraih poin penuh di kandang sendiri. Hal itu yang kami tekankan kepada setiap pemain dan mereka memahaminya," ujar Munafri Arifuddin, CEO PSM kepada Bola.com.

Munafri menegaskan meski kecewa dengan kekalahan dari PS TNI (15/5/2017), manajemen dan skuat Juku Eja sudah melupakannya. "Kami sudah melakukan protes dan menyerahkan ke komdis PSSI untuk memutuskan yang terbaik. Kini kami kembali fokus menatap persaingan di Liga 1 2017," ungkap Munafri.

Menghadapi Sriwijaya FC, PSM dalam kondisi terbaik. Pelatih PSM, Robert Alberts, bisa memainkan Ferdinand Sinaga yang sudah bebas dari sanksi skorsing.

Tetapi, Ferdinand kemungkinan besar harus menunggu menit bermain dari bangku cadangan karena Robert lebih menyiratkan akan menduetkan Titus Bonai dan Reinaldo da Costa.

"Seandainya tidak ada aturan memainkan pemain U-23 sebagai starter, Ferdinand berpeluang besar main sejak menit awal," ungkap Robert.

Bila duet Tibo-Reinaldo jadi starter, kualitas serangan PSM lebih menjanjikan karena selain keduanya, masih ada Wiljan Pluim yang kerap berperan sebagai penyerang lubang. Tipikal Wiljan dan Tibo yang selalu bergerak mencari ruang kosong bisa memecah konsentrasi lini belakang. Keduanya pun piawai dalam melepaskan umpan terukur ke Reinaldo yang bertindak sebagai eksekutor.

Sementara, keseimbangan lini tengah PSM tetap terjaga dengan penampilan duet jangkar M. Arfan dan Marc Klok yang juga memiliki agresivitas dalam membantu serangan.

"Berada di puncak klasemen membuat kami nyaman. "Karena itu tidak ada jalan lain selain mengalahkan Sriwijaya FC agar target juara terjaga," tegas Munafri.

2 dari 2 halaman

Sriwijaya FC Enggan Bertahan

Dengan target semacam itu yang diusung tim tuan rumah, Sriwijaya FC harus bekerja lebih keras untuk mengadang ambisi PSM. Pelatih Sriwijaya FC, Oswaldo Lessa, menjanjikan timnya bakal memberikan perlawanan sengit.

"SFC tim besar dan harus siap dengan segala situasi, termasuk saat melawan PSM. Saat di Palembang, pemain sudah kami latih untuk cepat membaca pertandingan, baik untuk meredam lawan secara tim maupun individu," ungkap Lessa.

Mantan pelatih Persipura Jayapura itu menegaskan Laskar Wong Kito tidak akan mengusung permainan negatif atau bertahan total demi mewujudkan target membawa poin di laga ini.

"Memang sulit meraih poin di Makassar, tapi target SFC juga tinggi sehingga harus bisa mendapat poin di manapun, tidak cuma di kandang saja. Tentu tidak bisa hanya bertahan saja. Jika ada kesempatan, harus juga berani menyerang dan menekan tim lawan," tegasnya.

Lessa mengakui bila PSM merupakan salah satu tim unggulan di kompetisi musim ini. "PSM punya kekuatan merata di seluruh lini. Posisi pertama sudah menunjukkan bagaimana bagusnya kualitas mereka saat ini. Saya melihat tim PSM bisa berada di posisi tersebut karena kerja keras, bukan datang tiba-tiba atau hadiah," pujinya.

Di laga melawan PSM ini, Lessa menyebut ia terancam tidak bisa memainkan skuat terbaik. Hal itu karena Hilton Moreira besar kemungkinan tidak akan masuk line-up dan harus menepi meski tetap dibawa ke Makassar.

"Kondisi Hilton belum siap 100 persen. Namun, tetap dibawa karena kami masih menunggu dan kehadirannya juga dibutuhkan guna mendukung yang lainnya. Tetapi, kami sudah siap bila nanti bermain tanpa dirinya," kata Lessa.

Prakiraan Formasi Pemain
PSM (4-4-2): Rivky Mokodompit; Zulkifly Syukur, Steven Paulle,Hamka Hamzah, Reva Adi Utama; Romario, Marc Anthony Klok, M. Arfan, Wiljan Pluim; Titus Bonai, Reinaldo Ellias da Costa
Pelatih: Robert Alberts

Sriwijaya FC (4-3-3) : Teja Paku Alam, Marco Meraudje, Yanto Basna, Bobby Satria, Zalnando, Yu Hyun Koo, Rahmad Hidayat, Tijani Belaid, Nur Iskandar, Maldini Pali, Alberto Goncalves
Pelatih: Oswaldo Lessa

 

 

Video Populer

Foto Populer