The Jakmania Tak Boleh Bawa Spanduk ke Stadion Pakansari

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 08 Jun 2017, 12:30 WIB
The Jakmania

Bola.com, Cibinong - Persija Jakarta menjalani laga tandang ke Stadion Pakansari menghadapi PS TNI pada Kamis (8/6/2017) malam. Suporter Persija, The Jakmania, dipastikan akan hadir di stadion tersebut. Namun, pada saat yang sama, The Jakmania dilarang membawa spanduk yang biasanya terpasang di pagar tribune stadion.

Dalam match coordination meeting yang diadakan satu hari sebelum pertandingan digelar, panitia pelaksana pertandingan PS TNI meminta kepada Ketua Umum The Jakmania, Ferry Indrasjafrief, agar anggotanya bisa menaati peraturan-peraturan yang sudah biasa diberlakukan bagi suporter di setiap pertandingan sepak bola.

Namun yang menarik, tidak hanya flare, kembang api, atau pemantik api yang tidak boleh dibawa masuk ke dalam stadion. Panpel pertandingan juga meminta The Jakmania tidak membawa spanduk ke dalam stadion untuk menghindari adanya spanduk yang bernada negatif dan provokasi mengingat Stadion Pakansari terletak di Kabupaten Bogor, lokasi di mana banyak pendukung Persikabo Bogor dan Persib Bandung berada.

"Flare, pemantik api, petasan, botol minum kemasan, dan juga spanduk dilarang dibawa masuk ke dalam stadion. Jadi, kami harap para suporter datang ke sini hanya untuk menonton dan memberikan dukungan. Kami sebagai panpel akan menyambut baik teman-teman The Jakmania. Kami berharap juga mendapat dukungan agar pertandingan ini bisa berjalan lancar," ujar Ketua Panpel pertandingan PS TNI, Ras Bangun.

Kebijakan panpel pertandingan itu tidak dirasa jadi sebuah masalah bagi Ketua Umum The Jakmania, Ferry Indrasjarief, yang menegaskan suporter datang ke stadion bukan untuk membentangkan spanduk, tetapi mendukung Persija. Ferry Indrasjarief menegaskan anggotanya akan menaati aturan yang ada.

"Kalau flare dan yang lain tentu sama seperti di semua stadion, tentu kami sudah tahu. Saya pun mengimbau lagi kepada The Jakmania untuk tidak membawa hal-hal yang bisa merugikan tim, seperti flare, pemantik, kembang api, bahkan tidak membawa spanduk ke Pakansari," ujar Ferry Indrasjarief.

"Kami tidak masalah jika memang aturannya seperti itu. Kami mencintai Persija, bukan spanduk. Jadi kami akan ikuti aturan main yang memang berlaku di sini. Seluruh The Jakmania harus menaati peraturan yang ada. Peraturan ada bukan untuk mematikan kreativitas, tapi justru untuk kebaikan sepak bola. The Jakmania adalah tamu, kami hormati tuan rumah. Kami datang untuk mendukung Persija," lanjutnya.

The Jakmania akan mendapatkan 20 ribu lembar tiket untuk menyaksikan pertandingan antara PS TNI dan Persija. Hal itu berarti The Jakmania akan mendominasi tribune suporter di Stadion Pakansari, Cibinong.