Sukses


Kode Kuat Suporter Persija dan Persib Siap Berdamai

Bola.com, Jakarta - Mulai lelah dengan pertikaian selama bertahun-tahun, Ketua Umum The Jakmania, Ferry Indrasjarief, menyatakan keinginannya melakukan perdamaian dengan Viking Persib Club. Tokoh karismatik di kalangan pendukung Persija Jakarta menilai sudah banyak korban yang muncul dari kisruh berkepanjangan dengan suporter Persib Bandung.

Lewat status Facebook pribadinya pada Senin (12/6/2017) Ferry, yang juga salah satu pendiri The Jakmania, mengajak anggotanya untuk segera mengakhiri permusuhan. Berikut petikan tulisan surat terbuka Ferry:

"Ketika rivalitas lebih banyak terjadi di medsos atau di luar tribun, harusnya kita sama-sama introspeksi apakah ini masih bisa dikatakan rivalitas sepak bola? Bila perdebatan di medsos bisa memanaskan suasana, kenapa tidak dihentikan?

Bila kalian merasa aman-aman aja, bagaimana dengan rekan-rekan kita di Outsider? Apakah Solidaritas hanya berarti menolong atau meringankan beban korban?

Tidak bisakah solidaritas diwujudkan dengan tindakan pencegahan? Mencintai sebuah klub sepak bola adalah sebuah pengalaman yang indah. Tapi bila cerita perang lebih banyak mengisi otak dan hati kita, daripada indahnya cerita di tribun, saya dengan tegas mengatakan, kita sudah salah jalan!

Lewat tulisan pendek ini, saya mengajak Viking untuk membuka dialog. Tidak ada yang tidak mungkin. Segala hal yang negatif pasti bisa kita hentikan. Tidak perlu perantara polisi untuk ketemu. Tidak perlu pejabat turun tangan untuk menyelesaikan. Saya siap bertemu di manapun tempat yang kalian inginkan. Sepak bola adalah cinta. Saya Bung Ferry Indrasjarief Ketua Umum The Jakmania (Silahkan sebar tulisan ini agar sampai ke forum mereka)."

Tulisan ini langsung mendapat tanggapan positif, menyebar ke banyak komunitas The Jakmania di jejaring sosial Facebook, Twitter, atau Instagram.

Dirigen Viking, Yana Umar. (Bola.com/Arief Bagus)

Menariknya, Yana Umar, Ketua Viking, merespons ajakan Ferry Indrasjarief.

Dalam sebuah postingan yang diunggah @sci_bdg, Dirijen Viking Persib Club Yana Umar melalui akun@yanaumar33 berkomentar.

"Luar biasa sepak bola adalah hobi di dunya.. Saya yana umar siap.. Coba ke pengurus yg lain dan ke ketua kami? #herrudjoko karna keputusan tetap ada di ketua," tulis Yana.

Di postingan yang sama, Herru Djoko lewat akun pribadinya @dj_urreh menyambut baik ajakan koleganya: 

"Bismillah . . Damai adalah jalan terbaik . . Semoga ramadhan ini memberi kita hidayah .. Hayuu kita bertemu bermusyawarah dan bermufakat @yanaumar33 @rendy_206."

Copy paste komentar ini menyebar di banyak akun bobotoh. Salah satunya @vikingmayanggibekasitimur:

 

Di luar komentar para petinggi dua kelompok suporter di jejaring sosial, belum ada pernyataan resmi dikeluarkan The Jakmania maupun Viking Persib Club.

Jika perdamaian bisa terwujud nantinya akan jadi sebuah langkah maju. Sejak awal tahun 2000-an pendukung Persija Jakarta dan Persib Bandung terlibat pertikaian tak berkesudahan. Sudah banyak korban jiwa dari kedua belah pihak.

Video Populer

Foto Populer